Iklan

terkini

Kompas Aceh Utara Gelar Safari Ramadan di Masjid Haji Muhammad Hanafiah

Redaksi
Kamis, Maret 14, 2024, 08:11 WIB Last Updated 2024-03-14T01:11:57Z
Ketua Kompas Aceh Utara Ir. Muhammad Hatta, SST. MT. (Foto/dok)

Aceh Utara - Dalam rangka memaknai dan mengisi bulan Suci Ramadan tahun ini, Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh Utara melaksanakan kegiatan safari ramadan dengan tujuan untuk ajang silaturrahmi dan membentuk mentalitas para pemuda serta memberi ruang yang sesuai keahlian dan keterampilan yang mumpuni dimiliki oleh masing-masing pemuda.

Kegiatan safari ramadan Kompas Aceh Utara ini diawali dengan salat Isya berjamaah, salat Tarawih berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan ceramah singkat atau kuliah ringkas (Kulkas) di Masjid Haji Muhammad Hanafiah Gampong Ranto Kecamatan Lhoksukon Kabuoaten Aceh Utara, pada Rabu (13/03/2024) malam.

Tim safari ramadan yang tampil pada malam ke 3 Ramadan di Masjid yang dibangun dengan megah nan indah oleh Alm. H. Muhammad Hanafiah itu, yakni Protokol Tgk. Murhaban, SH., C.PS yang merupakan Penyuluh Agama Islam KUA Paya Bakong serta peraih Nomine Penyuluh Agama Islam Award Kemenag RI Tahun 2023.

Sedangkan yang menjadi Muazzin dan Bilal Tgk. Zulkhairi, SH yang merupakan Muazzin tetap Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon dan Masjid Haji Muhammad Hanafiah, dan Imam oleh Tgk. Zulkarnaini Ismail merupakan alumni dari Dayah Darul Huda Lueng Angen yang juga Imam tetap Kompas Aceh Utara serta penggerak safari subuh di Kecamatan Langkahan.

Adapun ceramah yang penuh sarat makna tentang keutamaan dan kelebihan bulan suci ramadan disampaikan oleh Tgk. Syarkawi yang merupakan penceramah Kompas Aceh Utara serta alumni dari Dayah Darul Huda Lueng Angen.

Ketua Kompas Aceh Utara Ir. Muhammad Hatta, SST. MT di dampingi Sekretaris Ust. Shaifuddin Fuady, S.Ag., MA yang juga Ketua BKM Masjid Haji Muhammad Hanafiah pada media ini mengatakan, Kompas Aceh Utara adalah organisasi yang didominasi oleh para pemuda dalam rangka mensyiarkan gerakan subuh berjamaah setiap subuh Sabtu yang dibarengi dengan zikir bersama di Bumi Malikussaleh Aceh Utara.

"Untuk di bulan suci Ramadan, kami dari Kompas Aceh Utara juga mengagendakan safari ramadhan di sejumlah masjid yang ada dalam Kabupaten Aceh Utara, yang pelaksananya diisi oleh para pemuda terbaik yang cakap, serta memiliki kompetensi, skill dan keahlian di bidang masing-masing," ucap Ketua Kompas Aceh Utara yang akrab disapa Bung Hatta kepada media ini.

Menurut Bung Hatta yang juga Ketua Humas Politeknik Negeri se-Indonesia, generasi muda adalah solusi dan motor penggerak untuk perubahan di masa depan, karena pemuda hari ini adalah pemimpin di hari esok. 

"Ini sesuai dengan pepatah Aceh yang mengatakan, koeng pageu kareuna geurundong dan koeng gampong kareuna aneuk muda," ungkap Bung Hatta.

“Kami sangat yakin, jika generasi mudanya memiliki kepedulian dalam berbuat kebaikan, serta sungguh-sungguh untuk terus mempersiapkan diri sebagai pemuda harapan bangsa dan agama yang menjadi generasi pemuda yang berkualitas penerus perubahan negara di masa depan," terang, Wakil Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Lhokseumawe ini.

Lebih lanjut, Sekjend ICMI Orda Lhokseumawe itu mengatakan aktualisasi visi utama dari kegiatan safari ramadhan Kompas Aceh Utara ini menjadi pemuda yang beriman, sekaligus menyiapkan pemuda agar menjadi semakin religius dan berakhlak mulia, menyiapkan kader-kader dakwah, melatih dan meningkatkan keterampilan public speaking dan kecerdasan sosial.

"Selain itu dengan kegiatan ini, diharapkan para pemuda Kompas Aceh Utara dapat membangun relasi mutual dengan masyarakat sekitar, meningkatkan akseptabilitas dan loyalitas masyarakat, membangun trust kepada generasi muda, bisa menginspirasi generasi muda lainnya, serta meningkatkan motivasi generasi muda untuk memakmurkan masjid melalui berbagai kegiatan keagamaan," tuturnya. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kompas Aceh Utara Gelar Safari Ramadan di Masjid Haji Muhammad Hanafiah

Terkini

Topik Populer

Iklan