Iklan

terkini

TPQ Tgk Chik Lamreh Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Redaksi
Minggu, Desember 03, 2023, 22:20 WIB Last Updated 2023-12-03T15:20:55Z
Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Tgk Chik Lamreh Lampanah, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, memperingati maulid Nabi Besar Muhammad saw di Komplek Masjid Asy-Syuhada Lampanah, pada Minggu, (03/12/2023). (Foto/Ist)

Aceh Besar -- Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Tgk Chik Lamreh Lampanah, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, memperingati maulid Nabi Besar Muhammad saw di Komplek Masjid Asy-Syuhada Lampanah, pada Minggu, (03/12/2023). 

Ceramah maulid disampaikan oleh Pengurus Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) Aceh, Ustazah Fauziatul Halim, S.Pd, yang menguraikan keteladanan Rasulullah Muhammad saw kepada umatnya.

Ceramah agama yang diselingi dengan kuis itu, dihadiri puluhan santri TPQ Tgk Chik Lamreh, orang tua santri, dan Imam Mukim Reukih Abu Mahya Zakwan. Ikut hadir Imam Besar Masjid Asy-Syuhada Tgk Saifullah Ali, Ketua BKM Asy-Syuhada Abu Sayed Muhammad Husen, para kepala desa dalam Kemasjidan Lampanah, para imam masjid, Remaja Masjid, serta tokoh masyarakat lainnya. 

Ustazah Fauziah menguraikan, Rasulullah Muhammad saw, sejak masa kecil telah menunjukkan integritas dan kejujuran, sehingga beliau dianugerahi gelar Al-Amin yang berarti yang dapat dipercaya. 

"Keteladanan akhlak Rasulullah saw, yang tercermin dalam kejujuran beliau merupakan landasan utama yang harus dipegang teguh oleh umat Islam," ujarnya.

Mantan Ketua Korps PII Wati Aceh ini menegaskan, kejujuran adalah nilai dasar yang diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam setiap aspek kehidupan. Tak hanya itu, Rasulullah juga tidak pernah berbohong dan senantiasa bersifat pemaaf. Menurutnya, sifat-sifat mulia ini menjadi teladan bagi umat Islam untuk diikuti dan diterapkan dalam kehidupan pribadi dan masyarakat.

Ustazah Fauziah mengharapkan, agar Peringatan Maulid Nabi saw menjadi momentum refleksi setiap individu, lembaga, dan masyarakat untuk memperbaiki diri dan berkomitmen meneladani akhlak Nabi saw. 

"Tanggung jawab bersama kita adalah membina akhlak, baik pada anak-anak maupun seluruh masyarakat, sehingga mereka dapat meneladani akhlak mulia Rasulullah saw," ujarnya.

Kepala Desa Lampanah Tunong, Keuchik Farji Bintang, dalam kata sambutannya mengatakan, tema peringatan maulid Meneladani Rasulullah Membentuk Pribadi dengan Akhlakul Karimah merupakan tema yang tepat sebagai bertekad terus melanjutkan pembinaan santri dan anak-anak dalam masyarakat. 

Ia menyatakan, pemerintah lima gampong di Kemasjidan Lampanah, akan terus mendukung berbagai kegiatan pembinaan keislaman, yang penting adanya koordinasi yang baik dengan mereka. 

“100 persen kami dukung dan mengapresiasi para ustaz dan ustazah yang telah dengan ikhlas membina santri TPQ,” tegasnya. 

Fajri mengharapkan, berbagai pihak dapat berperan melakukan pembinaan anak-anak dan remaja, sehingga dapat terwujud manusia yang sebenar-benar manusia, bukan setengah manusia. Sebab, pembinaan akhlak sekarang ini telah menjadi agenda yang sangat penting, apalagi pelajaran akhlak sudah sangat kurang diajarkan di sekolah. 

Sementara itu, Direktur TPQ Tgk Chik Lamreh Nurnida SAg menjelaskan, peringatan Maulid Nabi saw yang disertai aneka lomba santri ini baru pertama kali diadakan. Kegiatan ini berujuan memotivasi santri rajin belajar Al-Quran dan meneladani akhlak Rasulullah saw. 

Aneka lomba yang diadakan yaitu Lomba Mewarnai, Bacaan Doa dan Peragaan Shalat, Menyusun Huruf Hijaiyah, Tartil Al-Quran, Hafalan Surat Pendek, serta Lomba Rangking Satu.

“Anggaran yang dibutuhkan untuk kegiatan ini mencapai Rp 7 juta, yang Rp 5 juta bantuan dari lima desa, dan kekurangannya ditutupi dengan kas TPQ,” pungkasnya. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • TPQ Tgk Chik Lamreh Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Terkini

Iklan