Iklan

terkini

Muspika Kecamatan Singkohor, Aceh Singkil, Saksikan Pilcieksung Desa Lae Sipola

Redaksi
Minggu, Oktober 29, 2023, 07:01 WIB Last Updated 2023-10-29T00:01:29Z
Kolase pemilihan Keuchik Gampong Desa Lae Sipola, Kecamatan Singkohor, Aceh Singkil. (Foto/Khairi)

Aceh Singkil - Pemilihan Keuchik langsung di Desa Lae Sipola, Kecamatan Singkohor, Aceh Singkil yang digelar pada Sabtu, (28/10/2023) kemarin, langsung disaksikan Muspika Kecamatan Singkohor, Aceh Singkil.

Sebagai catatan, Pilcieksung serentak Aceh Singkil dilaksanakan pada 21 Oktober 2023 lalu, sebanyak 49 Desa di berbagai kecamatan di Aceh Singkil.

Namun, ada empat desa belum menggelar, karena masih ada permasalahan, empat desa tersebut yang belum melaksanakan, yaitu dua desa di Kecamatan Kecamatan Gunung Meriah, satu Desa Kecamatan Simpang Kanan dan satu desa Kecamatan Singkohor.

Informasi pada Sabtu, (28/10/2023) desa yang  melaksanakan Pilcieksung yaitu, Kecamatan Singkohor Desa Lae Sipola dan Kecamatan Gunung Meriah Desa Sebatang.

Adapun desa yang belum melaksanakan pemilihan kades, karena ada masalah, kabarnya Panitia Pemilihan Keuchik (P2K), langsung dari kecamatan bersangkutan dan dibantu anggota P2K dari desa. Demikian informasi dirangkum  juangnews.com.

Kemudian, Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) yang diambil alih dari Kecamatan Singkohor atau P2K Desa Lae Sipola, Camat Singkohor Fathurrahman, S.IP., M.Si mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Singkohor, ada tiga desa melaksanakan pemilihan serentak yaitu, Desa Sri Kayu, Desa Pea Jambu dan Desa Lae Sipola, namun satu desa belum melaksanakan Pilcieksung yaitu, Desa Lae Sipola. 

"Untuk Desa Lae Sipola pelaksanaan Pilcieksung hari ini, lantaran ada masalah sebelumnya, sementara Desa Sri Kayu Dan Pea Jambu sudah terlaksana, pada Sabtu, 21 Oktober 2023 lalu," jelas Fathurrahman.

Tambahnya jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Desa Lae Sipola, untuk pelaksanaan pemilihan Keuchik, sesuai yang tercatat 202  dan kertas suara 206, termasuk kertas suara cadangan, sementara dua kandidat calon yang mendaftarkan diri yaitu, nomor urut 1. Zhon Hendri Yerman Gersang dan nomor urut 2. Agustus Triono.

"Pada intinya, pemilihan keuchik tetap dilaksanakan, lalu saya ingatkan kepada pemilih di Desa Lae Sipola, jadilah pemilih cerdas, ikuti aturan dan pilih sesuai hati nurani, ini adalah pesta demokrasi, kalianlah menentukan pemimpin desa enam tahun ke depan, jadi siapapun terpilih nanti, dia pemimpin bapak dan ibu, hindari perpecahan dan gesekan di luar, mari bersatu untuk membangun desa," pinta Camat Singkohor.

Selain itu, sesuai dengan pelaksanaan pemilihan keuchik di Desa Lae Sipola yang dilaksanakan oleh kelompok penyelenggaraan pemungutan suara (KPPS) Hasil rekapitulasi perhitungan suara kandidat calon Desa Lae Sipola,nomor urut 1. Jumlah 15 suara dan nomor urut 2. Jumlah 125 suara, lalu suara tidak sah jumlah 17 suara.

Dengan hasil rekapitulasi perhitungan perolehan suara, maka nomor urut dua memenangkan pemilihan Keuchik Desa Lae Sipola.

Turut hadir  Pilcieksung Desa Lae Sipola, Kecamatan Singkohor, Aceh Singkil, Camat Singkohor Fathurrahman, S.IP,.M.Si Danramil 06 Singkohor Kapten Inf L. Simamora, Kapolsek Singkohor Ipda Akhirullah,  Jajaran Pemerintahan Kecamatan Singkohor, Personil Anggota Danramil Singkohor Dan Personil Polsek Singkohor. [Khairi]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Muspika Kecamatan Singkohor, Aceh Singkil, Saksikan Pilcieksung Desa Lae Sipola

Terkini

Topik Populer

Iklan