Iklan

terkini

Warga Aceh di Malaysia Gelar Peringatan Maulid Nabi. Begini Suasananya

Redaksi
Senin, Desember 19, 2022, 19:11 WIB Last Updated 2022-12-19T12:30:24Z
Sejumlah warga Aceh yang bermukim di Malaysia, saat mengadakan Maulid Nabi (Foto/Ist)

Laporan Teuku Duta dari Pulau Pinang, Malaysia

Perayaan Maulid Nabi merupakan momen yang sakral bagi masyarakat Aceh yang dalam kehidupan sehari-harinya melekat dengan nilai adat dan budaya. Begitu juga dengan warga  Aceh yang kini berdomisili di Malaysia, tak heran apabila memasuki Bulan Rabiul Awal,  perantau dari  bumi Serambi Mekkah di Negeri Jiran  juga  menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan sangat meriah.

Kondisi inilah yang saya saksikan langsung saat saya berada di Pulau Pinang, Malaysia, karena ada urusan keluarga, yakni menemani ibu saya yang sakit ke Negeri Jiran ini.

Peringatan Maulidul Rasul atau dikenal dengan istilah "maulod"  yang digelar Komuniti Masyarakat Melayu Aceh Pulau Pinang dan Badan Pengurusan bersama Kompleks Bukit Jambul menggelar kenduri besar dengan mengundang anak yatim, kerabat serta handai taulan.

Berdasarkan pengamatan saya pada Minggu, 18 Desember 2022 kemarin, kegiatan perayaan Maulidul Rasul berjalan dengan khidmat, dihadiri oleh  Penasihat Bireuen Bersatu Aceh Malaysia H. Man Paya Meuneng, Ketua Bireuen Bersatu Aceh Malaysia Tgk. Haikal, Ketua Sosialisasi Ummah Ban Sigom Aceh (SUBA) Bukhari Bin Ibrahim. Juga terlihat hadir, Tgk. murdani Klang, Abang Syah Klang, Tgk  Ni Pantai Dalam, Tgk, Adi Ampang, Cikgu Tasnim, 

Serta tokoh masyarakat Melayu dan ribuan jamaah dari semua daerah di semenanjung berlangsung di Dataran Kompleks Bukit Jambul Pulau Pinang Malaysia.

Kegiatan tersebut juga dalam rangka mempererat silaturahmi, membangun kebersamaan, memfokuskan tujuan, saling mendukung, dan berujung kebahagiaan bersama menjadi tujuan dari pelaksanaan kegiatan yang sudah menjadi tradisi dan agenda  tersebut, yang diketuai oleh Tgk Auliadi bin Muhammad atau kerap disapa Pak Keusyik Pulau Penang. 

"Apresiasi kepada semua yang telah  menjayakan majlis dan terima kasih yang  tak terhingga kepada masyarakat tempatan seiring sebahu menjayakan Milad Nabi Besar Muhammad Saw pada 2022 tahun ini," ungkap Tgk. Auliadi bin Muhammad selaku ketua panitia pelaksana.

Dalam kesempatan itu Penasihat Bireuen Bersatu H. man Paya Meuneng  berharap  kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan ini terus dapat dipertahankan guna menjaga nilai dan mempererat ukhuwah islamiah 

"Alhamdulillah, acara berjalan sempurna berkat kerja sama Aceh Melayu pulau Penang yang dihadiri beribu jamaah dari semua daerah di semenanjung, tentu kondisi ini sangat menggambarkan, kerana terjalin silaturahmi antar sesama warga Aceh dengan warga tempatan, begitu juga tokoh masyarakat turut mendukung terlaksananya acara peringatan Maulidul Rasul tahun ini," ungkap H. Man yang merupakan pengusaha  muda  owner Dealer Kereta Eko Indra Jaya Trading Kuala Lumpur.

Acara peringatan Maulidul Rasul yang digelar Komuniti Masyarakat  Aceh Melayu Pulau Pinang dan badan pengurusan bersama Kompleks Bukit Jambul juga turut dikemas dengan Tausiah singkat Uztaz Nazri Hanafi dan penyerahan santunan  kepada 60 anak yatim piatu.

Di tempat yang berbeda Komunitas Masyarakat Aceh yang berada di kawasan Kampung  Kachong Banting Selangor Malaysia  juga menggelar kegiatan yang sama, ratusan warga  asal Aceh domisili  setempat berbondong bondong ikut menyukseskan perayaan hari lahir nabi Muhammad SAW.

Menurut pengamatan saya, suasana penuh keakraban  pun terhimpun dalam kekompakan mulai dari  panitia penyelenggara  keluarga besarPengajian  Babul Huda baik dari unsur dan tokoh  masyarakat  lainnya berbagai tokoh pemuka agama  Tgk. Sulaiman Banteng Baru, Tgk Usman dan elemen lainnya dalam menyukseskan acara peringatan Maulid di Kampong Kanchong tengah tersebut.

"Acara Maulidul Rasul tahun ini juga berjalan dengan khidmat  dan lancar, terimakasih atas atensi dan kerjasama dari elemen warga Aceh  umumnya dan tokoh masyarakat  setempat yang jauh hari telah mempersiapkan acara peringatan Maulidul Rasul tahun 2022 ini" ujar Cek Boy didampingi bang Bob Jangka saat itu.

Bang Bob jangka menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak  dengan terlaksananya kegiatan ini

"Atas nama pelaksana saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, atas partisipasi semua pihak yang terlibat, dalam penyelenggaraan acara, kesesemuanya  ini merupakan bentuk kecintaan kita  kepada Nabi Muhammad SAW," tutupnya. []
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Aceh di Malaysia Gelar Peringatan Maulid Nabi. Begini Suasananya

Terkini

Topik Populer

Iklan