Iklan

terkini

Menangkan Hibah PKM, Dosen JTK-PNL Dampingi UMKM untuk Memperbaiki Aspek Produksi

Redaksi
Rabu, Oktober 19, 2022, 08:01 WIB Last Updated 2022-10-19T01:07:22Z
Penyerahan mesin Spinner oleh dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe kepada UMKM Bawang Goreng Lima Dara (Foto/Ist)

Lhokseumawe - Dosen  Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Lhokseumawe (JTK-PNL) berhasil menang Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan skema Penerapan Iptek Masyarakat (PIM) untuk Tahun Anggaran 2022.  Hal ini diungkapkan Elfiana, S.T., M.T Ketua Pelaksana PIM pada media ini Rabu, (19/10/2022).

"Tahun ini kegiatan PIM dilakukan untuk mendampingi UMKM Bawang Goreng Lima Dara (BGLD) dalam memperbaiki aspek produksi dan aspek pemasaran," tutur Elfiana, yang merupakan dosen senior di JTK-PNL.

"Implementasi mesin spinner ternyata meningkatkan kualitas bawang goreng yang memenuhi standar SNI 7713 : 2013, karena bawang goreng menjadi lebih garing, gurih, renyah, dan harum," tambah Elfiana.

Kehadiran dosen PNL ini tentu disambut positif pelaku usaha Sri Mulyana pemilik UMKM Bawang Goreng Lima Dara. Ia mengakui setelah dibina oleh dosen PNL, bahwa hasil produksi bawang gorengnya menjadi lebih baik.

"Alhamdulillah kehadiran team penerapan iptek PNL sangat membantu usaha bawang goreng kami menjadi lebih baik, kami sudah dibantu dibuatkan label kemasan berstandar BPOM dan rasa syukur kami izin edar produk kami juga sudah terbit," ungkap Sri Mulyana dengan nada haru.

Penyerahan mesin spinner dan dokumen izin usaha dan izin edar dihadiri Dr. Usman, M.Eng, yang merupakan pemantau Internal P3M PNL.  

"Semoga apa yang dilakukan ibu Elfiana dan team dapat dilanjutkan untuk mendampingi pelaku-pelaku usaha lainnya yang ada di Kota Lhokseumawe," ujar Usman usai acara serah terima mesin spinner.

Usman yang merupakan dosen Jurusan Teknik Mesin PNL yang merupakan Doktor lulusan Taiwan ini berharap UMKM terus menjaga kualitas produksinya.

"Untuk UMKM Bawang Goreng Lima Dara terus semangat untuk menjaga kualitas produknya dan berusaha keras untuk meningkatkan pemasarannya," pesan Usman yang merupakan putera Blang Jruen Aceh Utara ini 

Usman menambahkan.  
Kegiatan Penerapan Iptek Masyarakat ini dibantu oleh Dr. Ir. Ridwan, M.T dan Nanang Prihatin, S.Kom., M.Cs sebagai anggota pelaksana PIM dan juga melibatkan mahasiswa JTK sebagai pelaksana pembantu. [Hamdani]


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menangkan Hibah PKM, Dosen JTK-PNL Dampingi UMKM untuk Memperbaiki Aspek Produksi

Terkini

Topik Populer

Iklan