Iklan

terkini

Dosen Jurusan TIK-PNL Ikuti FGD Roadmap Prodi Sesuai Kebutuhan Dudika

Redaksi
Senin, September 19, 2022, 23:28 WIB Last Updated 2022-09-19T16:28:53Z
Dosen Jurusan TIK-PNL usai mengikuti FGD Roadmap Prodi Sesuai Kebutuhan Dudika (Foto/Ist)

Lhokseumawe - Sejumlah 
dosen Jurusan Teknik Informatika Komputer Politeknik Negeri Lhokseumawe (TIK-PNL) mengikuti kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) pada Senin, (19/09/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyusun Roadmap Program Studi (Prodi) sesuai kebutuhan  Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) terhadap kompetensi lulusan, khususnya lulusan Prodi  Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan (TRKJ).  Hal ini diungkapkan Fachri Yanuar Rudi F, SST., MT yang merupakan Kaprodi TRKJ.

"Diskusi ini dilakukan untuk mengetahui cara pembuatan peta jalan yang benar yang sesuai dengan yang dibutuhkan di DUDIKA," kata Fachri.

Lanjutnya, pembicara pada FGD ini adalah kepala Departemen Teknik Informatika dan Komputer PENS yaitu Dr. M. Udin Harun Al Rasyid., S.Kom., Ph.D dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. 

Kegiatan FGD tersebut dibuka oleh Wakil Direktur I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) Ir. Zamzami, ST., M.Eng. 

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta sebanyak 30 orang yang berasal 3 prodi, yakni TI, TRKJ dan TRMM di jlJurusan TIK- PNL

Menurut laporan ketua panitia pelaksana Aswandi, S.Kom., M.Kom mengatakan bahwa Kegiatan FGD ini berasal dari Program Penguatan Program Studi Pada Pendidikan Tinggi Vokasi untuk Memenuhi Kebutuhan Industri (Competitive Fund Vokasi) Skema D yang dibiayai melalui DIPA Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Tahun Anggaran 2022. 

"FGD pengembangan Roadmap prodi ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan berdiskusi dengan narasumber yang berasal dari Perguruan tinggi vokasi PENS  tentang pengembangan Roadmap yang mengakomodir kebutuhan DUDIKA," ungkap Aswandi.

Sementara itu, Kajur TIK Muhammad Arhami, S.Si., M.Kom  mengatakan, peta jalan (roadmap) adalah rencana strategis yang mendefinisikan tujuan atau hasil yang diinginkan dan mencakup langkah-langkah utama atau tonggak yang diperlukan untuk mencapainya. 

"Peta jalan berfungsi sebagai alat komunikasi, dokumen tingkat tinggi yang membantu mengartikulasikan pemikiran strategis (mengapa) di balik tujuan dan rencana untuk mencapainya," jelas Adhami.

"Peta jalan juga berisi petunjuk atau gambaran besar dalam menjalankan suatu program kegiatan secara jelas dan rinci dalam menjalankan rencana atau strategi untuk mencapai sesuatu," lanjutnya.

Sementara itu Muhammad Udin dari PENS dalam pemaparan materinya memberi pengetahuan baru untuk dosen-dosen TIK untuk pembuatan dan pengembangan peta jalan yang baik dan benar dan seperti yang dibutuhkan saat ini. 

"Peta jalan yang di diskusikan ada 3 jenis yaitu peta jalan untuk Program Studi, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat,* papar Muhammad Udin.

Muhammad Udin juga menunjukan peta jalan yang sudah ada dan dilaksanakan di Departemen TIK PENS sehingga bisa menjadi acuan untuk pembuatan dan pengembangan peta jalan pada Program Studi yang ada di TIK seperti program studi TRKJ, TI, dan TRMM. 

"Kegiatan ini diharapkan peserta atau dosen TIK memiliki kompetensi untuk membuat dokumen peta jalan Program Studi sesuai kebutuhan DUDIKA di Program Studinya masing-masing," pungkasnya. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen Jurusan TIK-PNL Ikuti FGD Roadmap Prodi Sesuai Kebutuhan Dudika

Terkini

Topik Populer

Iklan