Iklan

terkini

Tim Pendamping SMK PK PNL Lakukan Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan SMK PK di SMK Negeri 1 Kota Jantho

Redaksi
Kamis, Agustus 18, 2022, 15:23 WIB Last Updated 2022-08-18T08:23:52Z
Kegiatan sosialisasi pembelajaran Kurikulum Merdeka (Foto/Hamdani)

Aceh Besar -  Tim Pendamping dari perguruan tinggi, Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK) dari Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) menghadiri kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan SMK PK sekaligus menjadi pemateri Sosialisasi Kurikulum Merdeka  yang disampaikan Koordinator Pendamping SMK PK PNL Ir. Azwar Yunus, ST.,M.Sc Kamis, (18/08/2022).

Dalam pemaparannya Azwar Yunus mengatakan, guru harus hebat, karena kalau di negara-negara lain, seperti di Eropa, tak mudah menjadi guru. Dia juga memaparkan tentang tujuan dari SMKPK, yaitu di antaranya untuk memperkuat kemitraan antara kemendikbud dan pemerintah daerah.

"Memperkuat kualitas SDM SMK.
Memperkuat kompetensi ketrampilan nonteknis dan keterampilan teknis, mewujudkan perencanaan berbasis sekolah, juga Memperkuat kemitraan dan kerjasama antara Kemendikbud dan dunia kerja," kata lulusan magister di Belanda ini.

"Kemudian, sehebat apapun kurikulum, kalau gurunya tak kompeten, maka menjadi tak bermakna. Oleh sebab itu, penting sekali kompetensi guru," lanjutnya.

Azwar juga memaparkan pahaman tentang Program SMK PK di hadapan guru dan tendik SMK Negeri 1 Jantho.

"Adapun target Program SMK PK adalah meningkatkan kualitas dan kinerja pengelolaan dan penyelenggaraan SMK, keselamatan dunia kerja," pungkas Azwar.

Sebelumnya, dalam sambutan dari Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Jantho, Aceh Besar Hasnawati, S.Pt.,M.P mengucap syukur karena sekolah yang ia pimpin mendapat kepercayaan oleh kementerian, sehingga mendapatkan program SMK PK.

"Alhamdulillah, SMK Negeri 1 Jantho merupakan salah satu SMK Pusat Keunggulan. Kami sebelumnya sudah mempersiapkan segala macam administrasi dan wawancara. Setelah melewati semua proses, sampailah pada  saat sekarang," ungkap Hasnawati.

"Kami berharap bahwa dengan sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak, Insya Allah program ini akan berhasil. Kami berharap siswa siswi akan unggul dalam softskill dan hardskill, sehingga lulusan kami bisa bersaing  di dunia kerja," tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Aceh Besar dan Banda Aceh Syarwan Joni, S.Pd.,M.Pd dalam.kesempatan memberi sambutan.

"Harusnya kurikulum SMK harus lebih unggul dalam rangka untuk mewujudkan kemandirian, sesuai dengan konsentrasi yang telah ditetapkan. SDM harus ditingkatkan dengan berbagai cara, sesuai dengan konsentrasi," ujarnya.

"Kita harus update dan berkomitmen. SMK ini harus terasa kebermanfaatan," tegasnya lebih lanjut.

Sementata itu Koordinator Pengawas Drs. M. Akbari AR, M.A mengatakan bahwa  tujuan utama dari SMK PK supaya lebih banyak diterima bekerja di industri. [Hamdani]





Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim Pendamping SMK PK PNL Lakukan Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan SMK PK di SMK Negeri 1 Kota Jantho

Terkini

Topik Populer

Iklan