Iklan

terkini

Sepuluh Ribu Jamaah Hadiri Aceh Utara Berzikir dalam Rangka HUT RI ke 77

Redaksi
Kamis, Agustus 18, 2022, 11:57 WIB Last Updated 2022-08-18T04:57:02Z
Sepuluh Ribu Jamaah Hadiri Aceh Utara Berzikir dalam Rangka HUT RI ke 77 (Foto/M. Jafar Peunteut)

Aceh Utara - Sekitar sepuluh ribu orang jamaah ikut menghadiri kegiatan Aceh Utara Berzikir yang diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI dan memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, berlangsung di Lapangan Upacara Landing, depan Kantor Bupati Aceh Utara, Kamis, (18/08/2022).

Kegiatan zikir akbar ini dimulai pada pukul 06.30 WIB dihadiri para siswa dan guru, serta santri dan teungku dayah, yang datang dari seluruh pelosok Aceh Utara. Juga hadir para ASN, anggota DPRK, Ormas, organisasi profesi, OKP, LSM, dan berbagai komponen masyarakat lainnya. Mereka telah mulai hadir di lapangan sejak usai shalat subuh.

Sejumlah pejabat teras Aceh Utara juga terlihat hadir di lokasi, di antaranya Penjabat Bupati Azwardi, AP, MSi, mantan Bupati H. Muhammad Thaib, para pejabat Forkopimda, Plt Sekda Dayan Albar, SSos, MAP, Asisten II Ir Risawan Bentara, MT, Asisten III Drs Adamy, MPd, para Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPK, dan para camat. 

Zikir dimulai setelah dilakukan pembukaan secara resmi oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, dalam sambutannnya mengatakan, zikir yang dilaksanakan seusai peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini untuk kembali mengingatkan pada kalimat dalam Pembukaan UUD ’45, yaitu Atas Berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan Dengan Didororngkan oleh Keinginan Luhur.

"Kalimat tersebut mengingatkan kita bahwasanya kemerdekaan yang kita raih 77 tahun yang lalu adalah berkat rahmat Allah SWT. Selanjutnya barulah para pendiri bangsa meletakkan kalimat dan Dengan Didorongkan oleh Keinginan Luhur," kata Bupati.

“Pada pagi ini sebagai generasi penerus bangsa, kita tidak boleh terpisah dari spiritual Islam. Karena semangat keislaman dalam dada para pejuang kemerdekaan, maka Allah SWT menurunkan berkah kemerdekaan kepada Bangsa Indonesia,” lanjutnya.

Tambah Azwardi, generasi bangsa saat ini, lanjutnya, harus terus menanamkan nilai-nilai islami dalam setiap aspek aktivitas hariannya. 

"Kita mulai dari anak didik dari jenjang pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, jenjang pendidikan menengah serta jenjang pendidikan tinggi. Maka seluruh lembaga pendidikan di Aceh Utara akan memulainya dengan zikir," katanya.

“Dengan kegiatan Aceh Utara berzikir kita berharap akan terwujud Bumi Malikussaleh sebagai Kabupaten Berzikir, yakni kabupaten yang Bersyariah, Zona Sejarah, Islami, Kreatif, Inovatif dan Responsif,” lanjut Azwardi.

Selanjutnya, setiap pagi hari di sekolah-sekolah akan memulai proses pembelajaran dengan berzikir. Sehingga anak-anak didik sebelum memulai pembelajaran, terlebih dahulu mendapatkan siraman rohani dengan zikir kepada Ilahi Rabbi.

“Upaya ini merupakan sebuah ikhtiar untuk melahirkan generasi bangsa yang hebat yang nantinya selalu terikat hatinya dengan nilai-nilai islami,” ungkap Azwardi.

Seusai menyampaikan sambutannya, kemudian Bupati Azwardi bersama pejabat Forkopimda melakukan pelepasan balon dan banner tanda dibukanya acara Aceh Utara berzikir. Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung rutin setiap tahun, sebagai bagian dari rangkaian memperingati HUT RI di Aceh Utara.

Kegiatan Aceh Utara Berzikir ini dipimpin langsung oleh Tgk H Jamaluddin Ismail alias Walidi (Imum Syik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon) yang juga Ketua Majelis Zikir Pemersatu Umat. 

Ketua Panitia Pelaksana Aceh Utara Berzikir, Dayan Albar, SSos, MAP, mengatakan peserta zikir ini seluruh pegawai Aceh Utara, siswa SD sampai dengan SMA dan santri, jamaah Anak Berzikir Aceh Utara, jamaah safari subuh Tadzkiratul Ummah, Komunitas Pemuda Subuh Aceh Utara, seluruh guru, pengawas sekolah dan Kepala Sekolah, jamaah balai-balai pengajian dan seluruh Ormas.

Disebutkan, kegiatan Aceh Utara Berzikir sebagai ungkapan syukur atas HUT Kemerdekaan RI yang ke-77. 

“Kami berharap dengan kegiatan zikir ini akan menanamkan nilai-nilai islami dalam jiwa para generasi penerus bangsa di Aceh Utara, sehingga setiap aktivitas dan kegiatan yang dilaksanakan di Aceh Utara akan selalu mendapatkan berkah dari Allah SWT,” kata Dayan.

Diharapkan, kegiatan zikir akbar ini akan berlangsung setiap tahun pada momen rangkaian memperingati HUT RI. Sehingga generasi ke depan dapat lebih menghargai jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan. [M. Jafar Peunteut]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sepuluh Ribu Jamaah Hadiri Aceh Utara Berzikir dalam Rangka HUT RI ke 77

Terkini

Topik Populer

Iklan