Iklan

terkini

Ustadz Rasidin Solin Khatib Hari Raya Idhul Adha di Danau Bungara, Singkil. Ini Isi Khutbahnya

Redaksi
Minggu, Juli 10, 2022, 21:09 WIB Last Updated 2022-07-10T14:09:43Z
Ustadz Rasidin Solin (Foto/Khairi)

Singkil - Ratusan masyarakat Desa Danau Bungara, Kecamatan Kota Baharu, Aceh Singkil, melaksanakan Salat Hari Raya Idhul Adha, secara berjamaah di Masjid Al-Huda, pada Minggu, (10/07/2022).

Ustadz Rasidin Solin dari Kota Sebulussam yang menjadi khatib pada khutbah Idhul Adha tersebut mengatakan, bukti kebesaran Allah SWT, terlihat di Hari Raya Idhul Adha atau kurban umat Islam sedunia melantunkan takbir, sejak mulai terbenam matahari semalam, hingga pagi. 

Gema dan kumandang takbir, terus dilantunkan, bukti keagungan kebesaran sang Ilahi Rabi," katanya.

Ustadz Rasidin Solin dalam khutbahnya menguraikan dan mengkaji ilmu hikmah dan kisah Nabi Ibrahim.AS, Nabi Ismail.AS dan Ibunda Siti Hajar.

Di dalam kajian ilmu hikmah Ustadz Rasidin Solin, bercerita tentang; tanah, air, api dan angin.

"Menjadi keberuntungan bagi hidup di alam semesta, tidak hanya insan atau manusia, tetapi juga binatang hewan hingga tumbuh - tumbuhan, sekalipun tetap mendapatkan keberuntungan," ucapnya dalam khutbah.

"ilmu - ilmu hikmah ini, juga tak kalah penting, kita baca dan kita resapi termasuk yang d tuliskan oleh Ulama kita, wali Allah Syekh Hamzah Fansuri, di dalam tulisan - tulisannya syair - syair yang penuh makna, kita mengetahui mendengar bahkan membaca, sungguh mulia ia, karena dimuliakan oleh sang pencipta Allah.SWT," lanjutnya.

Selanjutnya, Ustadz Rasidin, bee tentang perjuangan seorang ibunda yang bernama Siti Hajar, Nabi Ismai AS dan Nabi Ibrahim AS tiga sosok yang sangat kuat iman atau disebut kuat tauhid.

"Karena keimanan mereka kepada Allah, siap melaksanakan perintah penyembelihan tanpa harus berpikir panjang dan Alhamdulillah di detik - detik penyembelihan dengan keikhlaslan ketiga sosok yang mulia, Allah SWT mengantikan domba," jelas Rasidin.

Sehingga kata Rasidin di Khutbah, dengan ke tiga sosok ini menjadikan, ada di rukun haji yang dilaksanakan umat Islam yang berkemampuan, tertuang juga pada rukun Islam kelima naik haji ke Baitullah.

"Sungguh banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah ke tiga sosok yang dimuliakan Allah SWT tersebur, karena imam tauhid yang kuat, ikhlas berbakti kepada orangtua dan begitu juga cara berkomunikasi yang baik antara anak dan orang tua dan pelajaran lainnya," ucap Rasidin.

"Kita bertanya pada diri kita, mengukur keimanan kita, sejauhmana kita berbuat tentang dari kisah-kisah pelajaran tersebut, adakah keinginan kuat kita untuk melaksanakan hari raya kurban dengan melaksanakan perintah berkurban menyembelih hewan untuk disedakahkan," lanjutnya.

Pantauan media ini, banyak Firman Allah dan hadits Rasulullah yang dibacakan oleh Ustadz Rasidin Solin dalam kajian khutbah di masjid Al-Huda Danau Bungara. [Khairi]



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ustadz Rasidin Solin Khatib Hari Raya Idhul Adha di Danau Bungara, Singkil. Ini Isi Khutbahnya

Terkini

Topik Populer

Iklan