Iklan

terkini

Wujudkan Impian Gampong Terang Hemat Energi, PT PIM Salurkan PLTS di Pedalaman Aceh Utara

Redaksi
Rabu, Juni 29, 2022, 19:52 WIB Last Updated 2022-06-29T12:52:03Z
Perugas sedang memasang saluran PLTS di Daerah Pedalaman Dusun Sarah Raja, Aceh Utara (Foto/M. Jafar Peunteut)

Aceh Utara - Berbagai upaya terus dilakukan PT Pupuk Iskandar muda (PT. PIM) selaku perusahaan yang peduli terhadap permasalahan lingkungan dan perubahan iklim, PT. PIM berkomitmen dalam mewujudkan teknologi Energi Baru Terbarukan (EBT) terhadap Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB). 

Komitmen perusahaan di Bumi Pasee diimplementasikan dalam bentuk kegiatan yang bertajuk PIM Green Action bertemakan "Gampong Terang Hemat Energi"di Dusun Sarah Raja, Desa Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara .

Diketagorikan dalam Desa 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).
PT. PIM bersinergi dengan Dinas Sosial Aceh Utara dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Utara melakukan sosialisasi penghematan energi dan penyerahan PLTS di Dusun Sarah Raja. 

Kegiatan yang berlangsung pada  27-28 Juni 2022 ini mendapat apresiasi dari pihak pemerintah dan masyarakat setempat. PT. PIM menyalurkan bantuan berupa 1 Unit PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Meunasah Gampong Sarah Raja, 8 unit PJU (Penerangan Jalan Umum) lampu LED tenaga surya di Dusun Sarah Raja dan 2 unit PJU (Penerangan Jalan Umum) lampu LED tenaga surya di Dayah Bustanul Muttqin Desa Leubok Pusaka Kecamatan Langkahan.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh VP PKBL & Humas PT PIM, Nasrun; Project Manager Pengelolaan Lingkungan PT PIM, Usman dan AVP PKBL, Jufri Kepala Dusun Sarah Raja, Penyerahan dan Pemasangan ini juga disaksikan Dinas Sosial Aceh Utara, Suryani dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Utara, Keumala, Senin, (27/06/2022) lalu.

Zulkifli selaku Kepala Dusun Sarah Raja mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PT. PIM. 

“Dengan adanya bantuan PLTS dan PJU dari PT PIM ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Dusun Sarah Raja sebagai alternatif listrik konvensional dalam menghasilkan listrik dan penerangan bagi Dusun kami ini,” katanya.

“Teknologi EBT ini menjadi solusi bersama yang harus dijaga dan dirawat untuk keperluan masyarakat Dusun Sarah Raja seperti pengajian, sarana ibadah, balai pertemuan dan aktivitas sehari-hari, dengan adanya PJU ini juga diharapkan menjadi mitigasi gajah agar perkebunan warga tidak diganggu hewan liar,” jelas Jufri dalam sambutannya 

Dalam program penyerahan PLTS dan PJU juga dilakukan sosialisasi penghematan energi, pelatihan sistem kerja, cara merawat dan memelihara PLTS dan PJU yang dilakukan oleh tim teknis PT. PIM ke masyarakat Dusun Sarah Raja.

Vice President PKBL & Humas, Nasrun yang juga mengikuti kegiatan misi sosial dan kemanusian di dusun Sarah Raja, mengungkapkan bahwa kegiatan bantuan PLTS ini merupakan kepedulian PT PIM kepada masyarakat tertinggal melalui program 3 T.

Menurut Nasrun, Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini merupakan penghematan energi yang dapat menambah efisiensi energi yang merupakan solusi alternatif yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan energi cahaya matahari untuk menghasilkan energi listrik. 

"Penyerahan bantuan PLTS ini juga diharapkan mendukung program strategis pemerintah dalam pemulihan dan pengendalian perubahan iklim untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)," terang Nasrun.

"Sehingga di dusun Sarah Raja ini akan terang sepanjang hari dan meringankan biaya pembayaran listrik ke PLN, balai pengajian tempat ibadah dapat digunakan sepanjang malam sesuai kebutuhan masyarakat, sebelumnya di dusun Sarah Raja ini kami juga telah membantu MCK, Air Bersih dan bentuk bantuan lainnya," pungkas Nasrun.[M. Jafar Peunteut]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wujudkan Impian Gampong Terang Hemat Energi, PT PIM Salurkan PLTS di Pedalaman Aceh Utara

Terkini

Topik Populer

Iklan