Iklan

terkini

Hadirkan Alumni yang Sudah Sukses di Industri JTM-PNL Gelar FGD

Redaksi
Selasa, Juli 09, 2024, 12:06 WIB Last Updated 2024-07-09T05:21:10Z

Direktur PNL Ir. Rizal Syahyadi, ST. M.Eng. Sc. IPM. ASEAN Eng., APEC Eng (dus dari kiri) didampingi Kajur Teknik Mesin Hamdani, S.ST., MT (kiri) mendampingi pemateri FGD. (Foto/Ist)

Lhokseumawe - Untuk mensinergikan kurikulum dan akselerasi dengan industri, Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe (JTM-PNL) menggelar Focus Group Discussion (FGD) di ruang pertemuan lantai 3 gedung utama pada Selasa, (09/07/2024).

Dalam kegiatan FGD tersebut, JTM-PNL menghadirkan dua alumni PNL yang sudah sukses di industri untuk menjadi pemateri FGD.

Pemateri pertama Aprianto, merupakan Komisaris PT. Borneo Quantum Teknik dalam pemaparannya mengatakan bahwa kuliah entrepreneurship sangat vital untuk soft skill mahasiswa. 

"Mahasiswa harus dibekali dengan semangat dan mental yang kuat sehingga berani dan mampu bersaing di dunia kerja," ujarnya.

Sedangkan pemateri kedua Muhammad Isa, yang merupakan Direktur PT. Nikko Teknik Indonesia mengatakan, mencari pengalaman dengan bekerja di industri sangat penting untuk kemudian membangun usaha sendiri. 

"Tekun, disiplin, dan terus meningkatkan kapasitas diri. Terkait kurikulum saya menyarankan isi kuliah praktik disesuaikan dengan kebutuhan industri kekinian," ungkapnya.

Direktur PNL Ir. Rizal Syahyadi, ST. M.Eng. Sc. IPM. ASEAN Eng., APEC Eng dalam sambutannya pada acara FGD tersebut menyampaikan bahwa ada porsi industri dalam revisi kurikulum sehingga akselerasinya cepat, "itu yang harus dipahami," kata Direktur.

"Dengan adanya praktisi kita harusnya dapat mengambil manfaat untuk menyesuaikan kurikulum dengan tren di industri," lanjut pria yang biasa disapa Didi ini.

Sementara itu Ketua Jurusan TM Hamdani, S.ST., MT memberikan apresiasi kepada kedua pemateri FGD yang merupakan alumni PNL yang sudah sukses di dunia industri dan masih peduli dengan almamater.

"Saya sangat mengapresiasi kedua pemateri pada hari ini, yang juga merupakan alumni PNL, dimana bersedia bekerja sama dan merekrut alumni lain untuk bekerja di industri. Sehingga membantu institusi PNL dalam pencapaian IKU," kata Hamdani yang juga merupakan alumni JTM-PNL.

Dr. Samsul Bahri, ST, M.Si yang merupakan ketua pelaksana kegiatan FGD dengan tema: Sinergitas Kurikulum dan Akselerasi dengan Industri, berharap kegiatan ini bermanfaat.

"Semoga dapat mengambil manfaat untuk peningkatan kurikulum prodi," harapnya.

Acara FGD tersebut dihadiri Direktur PNL dan Wadir I., para kajur di lingkungan PNL, sedangkan peserta FGD terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan JTM.

Acara FGD tersebut dimoderatori oleh Koordinator Humas dan Kerjasama PNL Ir. Muhammad Hatta, S.ST.,MT. Acara diakhiri dengan penandatanganan MoU dan MoA dengan para pihak yang terlibat. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hadirkan Alumni yang Sudah Sukses di Industri JTM-PNL Gelar FGD

Terkini

Iklan