Iklan

terkini

Ustaz Dr. Tgk. Sirajuddin Saman, MA: Islam Memerintahkan Silaturrahmi

Redaksi
Jumat, Desember 22, 2023, 16:35 WIB Last Updated 2023-12-22T09:36:02Z
Ustaz Dr. Tgk. Sirajuddin Saman, MA. (Foto/Ist)

Aceh Besar -- Silaturrahmi merupakan perintah yang sangat utama dalam Islam, sehingga Rasulullah saw sendiri menekankan untuk menjaga silaturrahmi. Ini bukan hanya sebagai kewajiban, tetapi juga sumber pahala yang besar.

Pimpinan Dayah Khamsatu Anwar Deunong, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Ustaz Dr. Tgk. Sirajuddin Saman, MA menyampaikan hal tersebut dalam khutbah Jumat di Masjid Besar Tgk. Chik Mahraja Gurah, Jumat, (22/12/2023). 

“Oleh karena itu, hendaklah kita berupaya keras agar silaturrahmi tidak rusak dan merawatnya disebabkan apapun,” tegasnya. 

Ustaz Sirajuddin Saman menguraikan keutamaan menjaga silaturrahmi antara lain, menjauhkan dari api neraka. Menjalin kembali silaturrahmi akan menjauhkan umat muslim dari api neraka. 

"Silaturrahmi juga akan melancarkan rezeki dan umur yang berkah. Silaturrahmi bukan hanya memberikan pahala, tetapi juga dapat melancarkan rezeki dan memperpanjang umur. Sebagaimana hadits yang menyatakan, barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturrahmi," ungkapnya.

Menurut Ustaz Sirajuddin, orang yang menjaga silaturrahmi akan mendapatkan kemuliaan, baik di dunia maupun di akhirat. Menurutnya, sikap terpuji ini membuat seseorang dicintai oleh Allah Swt.

“Dengan menjaga dan merawat silaturrahmi pula, kita dapat memperluas persaudaraan antar sesama. Untuk ini, Islam mengajarkan kita semua adalah bersaudara. Silaturrahmi memupuk rasa saling membutuhkan dan menghindarkan kita dari perasaan benci,” tegasnya.

Tambahnya, silaturrahmi juga berperan dalam menjaga keharmonisan hubungan sesama muslim. Saling memaafkan saat bersilaturrahmi merupakan langkah positif untuk menjalin kerukunan dalam hubungan keluarga, relasi, dan masyarakat.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama menjaga silaturrahmi, sehingga kita senantiasa mendapatkan berkah dan kasih sayang Allah Swt,” pungkasnya. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ustaz Dr. Tgk. Sirajuddin Saman, MA: Islam Memerintahkan Silaturrahmi

Terkini

Topik Populer

Iklan