Iklan

terkini

Pengawas Madrasah Kemenag Bireuen jadi Khatib di Masjid Al-Mukarramah. Ini yang Dibahas

Redaksi
Jumat, Desember 22, 2023, 16:27 WIB Last Updated 2023-12-22T09:27:13Z
Tgk. Hanafiah, S.Ag., MA saat menjadi Khatib Jumat di Masjid Al-Mukarramah, Desa Cot Baroh, Kecamatan Kutablang Bireuen, Jumat, ( 22/12/2023). (Foto/JuangNews)

Bireuen - Tgk. Hanafiah, S.Ag., MA yang merupakan salah seorang Pengawas Madrasah di Kemenag Bireuen bertidak sebagai Khatib Jumat di Masjid Al-Mukarramah, Desa Cot Baroh, Kecamatan Kutablang Bireuen, Jumat, ( 22/12/2023).

Dalam khutbahnya tersebut, Tgk. Hanafiah mengangkat judul, Tiga Langkah Mulia Menuju tahun 2024.

Dalam uraiannya Tgk. Hanafiah menyampaikan bahwa ada tiga langkah yg sangat mulia di sisi Allah, yang pertama yaitu, silaturrahmi. Hal ini kata Hanafiah sebagaimana Sabda Nabi, yang mengatakan bahwa silaturrahmi mengandung tiga manfaat, antara lain , panjang umur, mudah rezeki dan menambah ilmu.

Selanjutnya di hadapan ratusan jamaah Jumat, Tgk. Hanafiah menyampaikan bahwa secara adat masuknya tahun 2024 bertambah umur kita.

"Imam Syafi'i berkata secara hakikat bahwa umur kita terus berkurang dan dekat dengan kuburan dengan sangat sempit, sehingga sangat perlu amalan yang menjadikan kubur kita luas dan terang di antara lain melezatkan lidah dengan Alquran dan salawat," ungkapnya.

Selanjutnya yang kedua menurut Tgk. Hanafiah adalah menuntut ilmu, "hal ini sesuai dengan Sabda Nabi, barang siapa melangkahkan kaki untuk menuntut ilmu,langkah-langkah itulah yang memudahkan masuk kedalam Surga," tutur Tgk. Hanafiah.

"Maka mari kita terus melangkah menuju tahun 2024 beberapa hari lagi untuk siap kita tinggalkan tahun 2023 dalam kasih sayang Allah dan menuju tahun baru 2024 penuh dengan ilmu dan amalan yang diridhai Allah," lanjut Tgk. Hanafiah.

Selanjutnya langkah ketiga menurut Tgk. Hanafiah adalah salat berjamaah. Menurutnya Rahmat Allah dicurahkan dalam jamaah.

"Maka langkah salat berjamaah sangat mulia, bahkan 27 derajat diangkat Allah dibandingkan salat sendirian. Allah berpesan, anganlah mengikuti langkah-langkah saitan, sesungguhnya saitan itu musuh yang nyata bagimu," ungkap Tgk. Hanafiah.

"Allah menjadikan kaki kita terus melangkah kepada kebaikan dan langkah sebelah kanan yang akhirnya dimasukkan kedalam Surga Allah SWT. Sedangkan langkah sebelah kiri dan melakukan dosa akhirnya Allah masukkan ke dalam neraka," tambahnya.

Selanjutnya khatib mengajak jamaah yang beberapa hari lagi akan menyambut tahun 2023 untuk meningkatkan ibadah.

"Mari kita tingkatkan ibadah dan terus kita berdoa kepada saudara kita seiman dan seagama di Palestina yang sedang diguyur peluru," ajaknya.

"Mengakhiri tahun 2023, mari kita berdoa dan banyak membaca Alquran, semoga Allah curahkan kasih sayang dan rahmat-Nya, dan melangkah ke tahun 2024 kita terus melangkah dengan langkah- langkah yang dibimbing dan dijaga Allah sehingga hidup dan mati tetap dalam Islam dan iman ,Amiin," pungkasnya. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pengawas Madrasah Kemenag Bireuen jadi Khatib di Masjid Al-Mukarramah. Ini yang Dibahas

Terkini

Iklan