Iklan

terkini

Direktur TPQ AL- Kautsar,Jadi khatib di Mesjid Al- Ikhlas, Ini Bahasannya

Redaksi
Jumat, Desember 29, 2023, 19:44 WIB Last Updated 2023-12-29T12:47:16Z
Tgk. Hanafiah, S.Ag. MA saat menjadi Khatib di Masjid Al-Ikhlas Gampong Putoh kemukiman Tgk. Dikrueng Kecamatan Peusangan, pada Jumat, (29/12/2023). (Foto/Ist)

Bireuen -Tgk. Hanafiah, S.Ag. MA bertindak sebagai Khatib di Masjid Al-Ikhlas Gampong Putoh kemukiman Tgk. Dikrueng Kecamatan Peusangan, pada Jumat, (29/12/2023).

Tgk.Hanafiah, yang juga juga merupakan Direktur Taman pendidikan Al-Quran (TPQ) Al-Kautsar Gampong Bayu, dalam khutbahnya tersebut mengangkat judul "Empat Tanggung Jawab terhadap Islam".

"Allah berfirman, sesungguhnya agama di sisi Allah hanyalah Agama Islam," papar Tgk. Hanafiah di hadapan puluhan jamaah Jumat.

"Mari kita terus menjaga Islam di hati kita karena intan paling berharga, mutiara paling mahal tidak lain adalah nilai iman di dalam dada, dan kita doakan hidup mati dalam Iman," lanjut Tgk. Hanafiah.

Tgk. Hanafiah mengatakan bahwa, Islam Agama yang rahmatan lil'alamin,maka perlu dijaga dan dipelihara sehingga tetap bersemayam di dada.

"Mempelajari Islam tanggung jawab ini sangat penting ,karena tanpa ilmu amal yang dikerjakan ditolak oleh Allah, sehingga menuntut ilmu adalah suatu kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan," pesan Tgk. Hanafiah.

Selanjutnya Tgk. Hanafiah mengatakan, ada empat tanggung jawab umat Islam terhadap Agama Islam ,yaitu, pertama mengimani Islam satu-satunya agama yang diterima Allah SWT.

"Rasulullah bertanya setiap selesai salat subuh. Bagaimana wahai sahabat pagi ini Alhamdulillah ya Rasul hati ini masih dalam iman dan Islam, berapa banyak manusia dipaginya iman ternyata sore sudah tidak beriman," ungkap Tgk. Hanafiah.

Lanjut Tgk. Hanafiah, ada tiga ilmu yang wajib dituntut umat Islam, pertama ilmu tauhid, kedua ilmu syari'ah, dan ketiga ilmu tasawuf.

"Tanggung jawab yang ketiga adalah mengamalkan Islam, amalan yang baik dan saleh yang mengantarkan kita ke dalam kehidupan yang lebih baik dan bahagia," tutur Tgk. Hanafiah.

"Sedangkan tanggung jawab yang keempat adalah mendakwahkan Islam.lewat dakwah Islam jaya dan maju, Rasulullah tidak pernah bosan dalam membawa dan mendakwahkan Islam, baik terhadap keluarga maupun masyarakat luas," lanjutnya.

Diakhir nasehat Tgk. Hanafiah berpesan untuk menjaga agama Islam dan memelihara dengan baik.

"Janganlah kamu mati kecuali dalam agama Islam, terutama dalam memasuki tahun baru 2024 kuatkan iman, tanamkan aqidah semoga Allah jaga dan pelihara Islam di dada kita," pungkasnya. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Direktur TPQ AL- Kautsar,Jadi khatib di Mesjid Al- Ikhlas, Ini Bahasannya

Terkini

Topik Populer

Iklan