Iklan

terkini

[Opini] MTQ Aceh: Ajang Promosi Pariwisata Religi di Simeulue

Redaksi
Minggu, November 26, 2023, 22:56 WIB Last Updated 2023-11-26T15:56:32Z
Oleh: Anwar, S. Ag, M.A.P*)

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Aceh ke-36 yang digelar di Kabupaten Simeulue mulai pada 26 November-2 Desember 2023, menjadi ajang promosi pariwisata religi di Simeulue.

Hal ini karena MTQ merupakan ajang yang dihadiri oleh masyarakat dari berbagai daerah, baik di dalam maupun luar Aceh.

Melalui MTQ, masyarakat dari berbagai daerah dapat mengenal lebih dekat dengan Kabupaten Simeulue, terutama potensi wisata religi yang dimilikinya.

Potensi wisata religi di Simeulue antara lain, Masjid Agung Tgk Khalilullah yang dibangun pada tahun 2009 yang memiliki daya tampung jamaah 4.000 orang dengan arsitektur perpaduan Timur Tengah dan Aceh tersebut merupakan salah satu objek wisata religi termegah di pulau Simeulue.

Kemudian, Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih merupakan salah satu pantai terindah di Aceh yang terletak di Desa Labuhan Indah, Kecamatan Teupah Selatan. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih.

Selanjutnya ada Gua Batu Miang, Gua Batu Miang merupakan gua yang terletak di Desa Batu Miang, Kecamatan Simeulue Timur. Gua ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah.

Dengan adanya MTQ Aceh di Simeulue, diharapkan masyarakat dari berbagai daerah dapat tertarik untuk mengunjungi Simeulue dan mengenal lebih dekat dengan potensi wisata religi yang dimilikinya. Hal ini dapat berdampak positif bagi pengembangan pariwisata di Simeulue.

Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan untuk mempromosikan pariwisata religi di Simeulue melalui MTQ Aceh:

Menyelenggarakan kegiatan promosi pariwisata religi
Panitia MTQ Aceh menyelenggarakan kegiatan promosi pariwisata religi, seperti seminar, diskusi, workshop, dan pelatihan. Kegiatan-kegiatan tersebut memberikan informasi tentang potensi wisata religi di Simeulue kepada masyarakat luas.

Panitia MTQ Aceh membuat konten promosi pariwisata religi, seperti video, foto, dan artikel. Konten-konten tersebut dipublikasikan melalui berbagai media, seperti media sosial, website, dan media massa.

Mengajak para peserta MTQ untuk mengunjungi objek wisata religi. Panitia MTQ Aceh dapat mengajak para peserta MTQ untuk mengunjungi objek wisata religi di Simeulue. 

Hal ini dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi para peserta MTQ dan dapat mendorong mereka untuk mempromosikan pariwisata Simeulue kepada masyarakat luas.

Dengan adanya upaya-upaya tersebut, diharapkan MTQ Aceh dapat menjadi ajang yang sukses dalam mempromosikan pariwisata religi di Simeulue. []

Editor: Hamdani

*) Penulis adalah Ketua Kafilah MTQ Kabupaten Bireuen
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • [Opini] MTQ Aceh: Ajang Promosi Pariwisata Religi di Simeulue

Terkini

Topik Populer

Iklan