Iklan

terkini

KKG Gugus 0037 Darul Imarah Adakan Pelatihan Guru

Redaksi
Kamis, November 23, 2023, 16:43 WIB Last Updated 2023-11-23T09:44:00Z
Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 0037 Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, mengadakan Pelatihan Guru. (Foto/Ist)

Banda Aceh -- Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 0037 Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar,  mengadakan Pelatihan Guru selama sepuluh hari, 11-21 November 2023 di MIN 13 Aceh Besar. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Aceh Besar Suryadi, S.Ag., M.Ag. Ikut hadir dan menyampaikan kata sambutan Kepala Madrasah MIN 13 Aceh Besar, Jufruddin, S.Ag.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Aceh Besar Suryadi, S.Ag M.Ag  dalam arahannya mengatakan, guru harus mengajar secara  intensif yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Sebelum mengajar, guru juga harus belajar supaya dapat menyesuaikan metode yang sesuai dengan kurikulum baru.

Suryadi menambahkan, dengan kurikulum merdeka, mengharuskan guru mengajarkan agama kepada anak didik sesuai perkembangan zaman. Tidak menggunakan cara dan metode lama yang hanya berceramah. 

“Anak harus diberi kesempatan aktif mencari informasi dari berbagai media pembelajaran, namun semua itu harus sesuai akidah, kaidah, dan tidak keluar dari ajaran Islam,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Madrasah MIN 13 Aceh Besar, Jufruddin, S.Ag  mengharapkan, kegiatan KKG ini dapat meningkatkan kemampuan mengajar yang lebih baik. Karena di era globalisasi ini, menuntut guru menguasai ilmu teknologi yang semakin canggih. 

“Guru harus mampu memenuhi tantangan zaman yang semakin menantang dengan menguasai teknologi, sebab sekarang banyak aplikasi yang harus dikuasai,” ujarnya. 

Ketua KKG Gugus 0037, Juariah Anzib, S.Ag, menjelaskan, kegiatan KKG dilaksanakan hampir serentak di Aceh Besar, sejak September hingga November 2023. Kegiatan rutinitas setiap tahun ini bertujuan meningkatkan mutu dan potensi guru. 

Kegiatan ini, katanya, terlaksana atas bantuan dana dari pemerintah pusat, yang  setiap KKG memperoleh dana sebesar Rp 15 juta untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan guru tingkat gugus. 

“Adapun kebutuhan yang diperlukan seperti pengadaan ATK, bahan praktik pembelajaran,  honorer pemateri, konsumsi dan uang jalan bagi KKG yang mengadakan kegiatannya di luar lokasi madrasah,” ujarnya. 

Menurut Juariah, beberapa materi pelatihan guru ini disampaikan oleh Suryadi S.Ag M.Ag, dengan  materi moderasi beragama,  Kamarullah S.Pd.I M.Ag membahas  tentang kurikulum merdeka, dan Iskandar S.Pd, tentang nomerasi. Materi lainnya disajikan oleh Rizki Trinanda S.Pd  tentang literasi, dan Nurul Hikmah S.Pd.I membahas  materi tentang sain dan ilmu pengetahuan alam. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KKG Gugus 0037 Darul Imarah Adakan Pelatihan Guru

Terkini

Topik Populer

Iklan