Iklan

terkini

Dosen JTE-PNL Dampingi Industri Rumah Tangga (IRT) VCO-COCOK untuk Meningkatkan Kualitas Produk

Redaksi
Selasa, November 14, 2023, 09:39 WIB Last Updated 2023-11-14T02:40:24Z
Penyerahan mesin Vacum Evaporator berbasis kontrol suhu oleh dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe kepada IRT VCO-COCOK. (Foto/Ist)

Lhokseumawe - Dosen Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe (JTE-PNL) berhasil menang Hibah Pemberdayaan Berbasis Masyarakat dengan skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) untuk Tahun Anggaran 2023. Hal ini diungkapkan Dr. Rahmawati, S.ST., M.T Ketua Pelaksana PKM pada media ini, pada Selasa, (14/11/2023).

"Tahun ini kegiatan PKM dilakukan untuk mendampingi IRT VCO-COCOK dalam memperbaiki aspek bidang produksi untuk meningkatkan kualitas produk," tutur Rahmawati, yang merupakan dosen senior di JTE-PNL.

“Implementasi Vacum Evaporator dalam Produksi Virgin Coconut Oil (VCO) untuk Mengurangi Kadar Air Produk pada IRT VCO-Cocok Desa Jambo Timu Kota Lhokseumawe,”  tambah Rahmawati. 

Kehadiran dosen PNL ini tentu disambut positif pelaku usaha Zaina pemilik IRT VCO-COCOK. Ia mengakui setelah dibina oleh dosen PNL, bahwa kualitas VCO meningkat yaitu berkurangnya kadar air sehingga masa simpan bertambah panjang.

"Alhamdulillah kehadiran team PKM PNL sangat membantu usaha VCO kami menjadi lebih baik, kami sangat termotivasi untuk mengembangkan teknologi IRT yang mampu meningkatkan kualitas produksi. Kami sudah dibantu pengujian analisis mutu VCO berstandar SNI 7381-2008 dan perbaikan label yang lebih informatif," ungkap Zaina dengan nada haru.

Sementara itu Elwina, S.T., M.T yang merupakan peninjau dan melakukan monitor dan evaluasi (monev) yang ditugaskan dari Pusat Penelitian dan Pengabdian (P3M) PNL berharap IRT VCO-COCOK terus menjaga kualitas produksinya.

"Untuk IRT VCO-COCOK terus semangat menjaga kualitas produknya dan berusaha keras untuk meningkatkan pemasarannya" pesan Elwina.

"Semoga apa yang dilakukan ibu Rahmawati dan tim dapat dilanjutkan untuk mendampingi pelaku-pelaku usaha lainnya yang ada di Kota Lhokseumawe," ujar Elwina ketika dihubungi secara terpisah setelah proses penyerahan alat tersebut.

Kegiatan PKM ini dibantu anggota pelaksana PKM yaitu Eka Kurniasih, M.T dan Indrawati, M.T dan juga melibatkan mahasiswa JTE sebagai pelaksana pembantu. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen JTE-PNL Dampingi Industri Rumah Tangga (IRT) VCO-COCOK untuk Meningkatkan Kualitas Produk

Terkini

Topik Populer

Iklan