Iklan

terkini

Raker PNL Tahun 2023, Direktur: PNL Menuju BLU tahun 2024

Redaksi
Jumat, Juli 21, 2023, 21:22 WIB Last Updated 2023-07-22T03:33:21Z
Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) Ir. Rizal Syahyadi, ST., M.Eng. Sc., IPM. ASEAN. Eng  (tengah) saat membuka Raker PNL 2023 (Foto/Hamdani)

Lhokseumawe - Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) Ir. Rizal Syahyadi, ST., M.Eng. Sc., IPM. ASEAN. Eng membuka Rapat Kerja Tahunan PNL tahun 2023, Jumat, (21/07/2023).

Dalam kesempatan itu, Direktur Didi mengatakan bahwa PNL berkomitmen lembaga yang dia pimpin untuk menjadi Badan Layanan Umum (BLU).

"Kita berkomitmen pada tahun depan PNL supaya bisa berubah status dari Satker menjadi BLU," kata Direktur Didi.

Tambah Didi, banyak keuntungan menjadi BLU, termasuk fleksibilitas dalam mengelola keuangan yang lebih mandiri.

"Jika sudah menjadi BLU, maka pengelolaan keuangan akan lebih fleksibel. Kita mengangkat tema, kenapa BLU. Karena dengan BLU menjadi lebih sejahtera," terang Direktur Didi.

Raker PNL yang dilaksanakan pada 21-22 tersebut mengusung tema "Optimalisasi Sinergitas Sumber Daya Teknologi dan Dunia Industri Menuju Politeknik Negeri Lhokseumawe Menjadi Badan Layanan Umum tahun 2024", Didi juga menyampaikan kabar gembira tentang kinerja keuangan PNL yang semakin meningkat.

"Alhamdulillah, kinerja PNL sangat baik, tentu ini karena dukungan rekan-rekan semua. Dalam sejarah PNL capaian terbesar adalah tahun 2022-2023, yaitu 97.91 persen," ungkap Didi.

"Kita juga mendapat hibah tanah dari kementerian, yaitu 16 bidang tanah di Desa Mon Geudong dan Desa Cot Panggoi, Muara Dua, Lhokseumawe. Kita juga buka S2 terapan, Prodi Studi Keuangan Islam Terapan, dan capaian-capaian lainnya," pungkas Didi.

Sementara itu, terkait dengan BLU  Wadir II Politeknik Negeri Batam (Polibatam) Bambang Hendrawan, ST., MSM., CIPMP., CISCP yang didaulat menjadi salah seorang narasumber pada Raker Tahunan PNL tahun 2023 memaparkan tentang BLU yang diraih oleh Polibatam 22 Desember 2022 lalu.

"BLU yang paling tepat adalah akhir tahun, keinginan Polibatam untuk jadi BLU sudah sejak 2018," kata pria yang sering disapa Bembeng ini.

Menurut Bembeng, BLU beda dalam hal pengelolaan keuangan, diberikan otonomi dalam mengelola keuangannya. Tambahnya, BLU tidak jauh beda dengan PTN-BH, yang membedakannya kalau PTN-BH full profit.

"Jadi intinya BLU adalah untuk meningkatkan pelayanan, bukan fokus pada peningkatan kesejahteraan. Fleksibilitas BLU, yang pertama adalah pendapatan kita, maka kita yang mengelola sendiri," pungkas Bembeng.

Sebelumnya Ketua Panitia Raker Tahunan PNL tahun 2023 Jamaluddin, SE  mengatakan bahwa raker merupakan tugas mulia dalam rangka menyongsong PNL yang lebih maju ke depan.

Peserta kegiatan Raker PNL menurut Jamal adalah 93 orang, "ini merupakan raker lanjutan yang sebelumnya sudah dilaksanakan oleh jurusan masing-masing yang ada di PNL," ujar Jamal. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Raker PNL Tahun 2023, Direktur: PNL Menuju BLU tahun 2024

Terkini

Topik Populer

Iklan