Iklan

terkini

Jelang Idul Fitri, Pemuda Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah Santuni Anak Yatim Piatu

Redaksi
Jumat, April 21, 2023, 14:26 WIB Last Updated 2023-04-21T07:36:46Z
Zulfikar Ketua Pemuda Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah, Kecamatan Peusangan, menyerahkan santunan kepada anak yatim di Gampong  (Foto/ Ist)

Bireuen - Puluhan anak yatim piatu di Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen  menerima santunan yang disalurkan oleh para pemuda-pemudi gampong setempat,  pada Kamis, (20/04/2023) kemarin.

Menurut Ketua Pemuda Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah, Zulfikar pada media ini Jumat, (21/04/2023), kegiatan ini merupakan salah bentuk kepedulian sosial kaum muda mudi dalam mengisi kegiatan di bulan suci Ramadan dan menyambut hari raya Idul Fitri 1444 H.

"Ini memang kali pertama dilakukan oleh lembaga kepemudaan dan diharapkan menjadi rutinitas kami dalam setiap tahunnya. Terutama dalam bulan suci Ramadan berbarengan menyambut Hari Raya Idul Fitri," kata Zulfikar yang ditemui di sela-sela acara penyerahan santunan anak yatim piatu yang berlangsung di Meunasah Gampong setempat.

Lebih lanjut Zulfikar mengungkapkan jumlah dana yang terkumpul Rp.6.380.000 yang disalurkan kepada 37 anak yatim piatu. Terdapat 29 anak yatim, tujuh piatu dan seorang yatim piatu. 

Adapun sumber anggaran dari kegiatan yang dilaksanakan ini berasal dari swadaya masyarakat terutama kelompok pemuda ditambah sumbangan rekan-rekan donatur dari seputaran Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah khususnya kaum pemuda dan  juga kepada rekan-rekan donatur dari luar.

"Hanya Allah yang dapat membalasnya. Insyaallah, dengan ini kita lebih peduli kepada sesama," ujarnya.

Sementara itu Keuchik Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah Rifian A.Md yang didampingi Pj.Imeum Gampong Tgk.Saifanni, S.Ag, Peutuha Tuha Peut Gampong H. Razali Ismail, SE mengatakan sangat mendukung kegiatan santunan anak yatim piatu yang digagas oleh kaum pemuda ini.  

"Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemuda, diharapkan kegiatan ini menjadi wadah silaturrahmi untuk menjaga keharmonisan dan kekompakan pemuda dan pemudi Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah  yang memang sudah terbina sejak puluhan tahun serta dikenal punya ide-ide kreatif," kata Rifian.

"Kedepannya dapat menjadi tradisi dipenghujung bulan Ramadan tiap tahunnya," lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama disalurkan juga santunan anak yatim piatu yang berasal dari sedekah Ramadan warga masyarakat Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah dan bantuan yang bersumber dari Dana Desa. Total dana yang terkumpul Rp.15.840.000,- dengan jumlah penerima sama seperti yang disalurkan oleh lembaga kepemudaan. 

Turut hadir dalam acara santunan anak yatim piatu Ramadan 1444 H tersebut para Kepala Dusun, Imum Dusun, Tuha Lapan, Tuha Peut, perangkat gampong dan tokoh masyarakat serta para orang tua pendamping anak yatim piatu. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jelang Idul Fitri, Pemuda Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah Santuni Anak Yatim Piatu

Terkini

Topik Populer

Iklan