Iklan

terkini

Jadi Percontohan Masjid se Aceh MTQ ke 31 RM Lampupok Berakhir

Redaksi
Kamis, April 06, 2023, 20:34 WIB Last Updated 2023-04-06T13:35:05Z
Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) ke-31 Tingkat Kemasjidan At-Taqwa Lampupok, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar tahun 2023 berakhir dan ditutup secara resmi (Foto/Ist)

Aceh Besar -- Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) ke-31 Tingkat Kemasjidan At-Taqwa Lampupok, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar tahun 2023 berakhir dan ditutup secara resmi oleh Ketua DPW BKPRMI Aceh Dr.Mulia Rahman MA, Rabu malam (05/04/2023).

Kafilah Gampong Lambeutong meraih juara umum dan berhasil mempertahankan gelar tiga kali berturut-turut, sehingga sah membawa pulang piala bergilir. Kontingen Lambeutong menyisihkan enam kontingen lainnya setelah berhasil meraih tujuh juara satu, satu juara dua dan dua juara tiga dengan poin 40. 

Disusul Gampong Ulee Kareung (28 poin), Gampong Lampupok Raya (27 poin), Gampong Seureumo (26 poin), Remaja Masjid At-Taqwa (10 poin), Gampong Seulangai (10 poin), serta Gampong Lampupok Baro (tiga poin).

MTQ yang diselenggarakan sejak tanggal 28 Maret diikuti 120 peserta dari gampong sekitar kemesjidan At-Taqwa Lampupok. Acara penutupan berhasil menyedot perhatian masyarakat setempat dengan penampilan rapai geleng dan dihadiri ribuan masyarakat.

"Pelaksanaan MTQ ini diharapkan mampu menjadi wahana dalam memacu pengembangan tilawah, hafalan, dan pendalaman isi Al-Qur`an dalam kehidupan sehari hari dan menjadi kebutuhan bagi setiap muslim," ujar Ketua DPW BKPRMI Aceh, Dr. Mulia Rahman dalam sambutannya.

Mulia Rahman berharap, MTQ memberi pengaruh positif, dirasakan secara nyata, dan terukur dalam perkembangan kehidupan syiar Al-Qur`an bagi umat Islam dan masyarakat. 

Dia mengapresiasi pelaksanaan MTQ yang terus berlanjut dan eksis sampai saat ini. Kegiatan ini menjadi catatan sejarah, apalagi telah dilaksanakan sejak tahun 1980-an dan menjadi percontohan kreativitas bagi seluruh remaja masjid di Aceh.

Mulia Rahman juga  menyinggung peran pemerintah agar lebih peduli terhadap pembinaan para kader, imam masjid dan hafiz Al-Quran. Dirinya meminta anak yang juara agar terus diasah dan dibina secara kontinyu.

Sementara sesepuh kemasjidan At-Taqwa Lampupok, H. Khalid Wardana, S.Ag., M.Si  menyampaikan ulasan kilas balik dan kiprah Remaja Masjid At-Taqwa Lampupok dari masa ke masa yang terus eksis dalam berbagai kondisi sampai saat ini.

“Ini menjadi torehan sejarah dan banyak para kader yang telah sukses, namun pengkaderan terus berlanjut. Kolaborasi masyarakat dan pengurus remaja masjid adalah dukungan terbesar dalam setiap suksesnya kegiatan,” ujarnya.  

Sementara Ketua Remaja Masjid At-Taqwa, Adil Azrial Akhbar menyampaikan terima kasih atas dukungan dan partisipasi masyarakat sepanjang kegiatan berlangsung. Adil menyebut, MTQ sebagai ajang silaturrahmi, melatih mental anak di atas pentas, dengan tujuan terwujudnya generasi gemilang di masa depan, sekaligus menjadi kader remaja masjid selanjutnya. 

Adil menambahkan, nantinya para juara akan diseleksi ulang untuk mengikuti MTQ tingkat kecamatan yang akan digelar usai hari raya Idul Fitri. Selain kegiatan MTQ, Remaja Masjid At-Taqwa Lampupok juga akan menggelar takbir keliling di malam hari raya Idul Fitri sebagaimana tahun sebelumnya. 

Hadir pada acara penutupan MTQ anggota DPRA Saifuddin Yahya dan Mukhlis Zulkifli, anggota DPRK Firdaus, SE.,MM, Imum Mukim Reukih Mahya Zakwan, S. Ag,  Ketua DPW Partai Aceh Aceh Besar Hasballah, S. Ag, perwakilan OKP, pengurus Ippemindra, serta tokoh masyarakat. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jadi Percontohan Masjid se Aceh MTQ ke 31 RM Lampupok Berakhir

Terkini

Topik Populer

Iklan