Iklan

terkini

Walkot Subulussalam Perintahkan Bayar Honor Perangkat Kampung, BPKD: Diupayakan Minggu Ini

Redaksi
Senin, Maret 06, 2023, 20:00 WIB Last Updated 2023-03-06T13:00:13Z
Walikota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E. (Foto/ Bolon Maha)

Subulussalam - Walikota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E. mengatakan honor perangkat kampung triwulan I 2023 akan segera dibayar pada Maret 2023 ini. Sedangkan kekurangan bayar honor aparatur kampung 2022 akan dibayar pada April mendatang.

Affan Alfian menegaskan ia sudah memerintahkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) dan Badan Pengelolaan Kekuangan Daerah (BPBD) Kota Subulussalam untuk segera mencairkan honor perangkat kampung triwulan I di Maret ini.

"Saya sudah sampaikan sama BPKD dan DPMK segera proses cairkan honor perangkat kampung yang di 2023 ini dulu," kata Affan Alfian kepada wartawan, Senin, (06/03/2023).

Hal ini, kata Affan Alfian juga sudah disampaikan di hadapan kepala desa dalam kegiatan rapat kerja 2023 yang berlangsung di Aula Pendopo Wali Kota Subulussalam, Senin, 6 Maret 2023.

Sedangkan kurangnya pembayaran honor aparatur kampung di tahun 2022, Affan Alfian menegaskan hutang tersebut diupayakan dapat dibayar pada April mendatang setelah terbitnya Peraturan Walikota (Perwal) kurang bayar. Ia mengaku sudah menginstruksikan kepada jajarannya untuk segera menyiapkan Perwal kurang bayar 2022, agar proses pencairan honor perangkat kampung bisa dibayar sebelum lebaran Idul Fitri 1444 H.

"Saya sudah perintahkan segera siapkan Perwal kurang bayar, supaya hutang 2022 bisa dibayar sebelum lebaran Idul Fitri," kata walikota.

Affan Alfian juga mengajak masyarakat tidak mudah terprovokasi terkait isu keterlambatan pembayaran honor perangkat kampung. Pemerintah berkomitmen menyelesaikan semua honor perangkat kampung. Menurutnya isu ini sengaja dihembuskan oleh kelompok tertentu dengan maksud tertentu.

Affan Alfian menegaskan ia membuka diri untuk berdiskusi baik kepala desa, BPG dan pengurus jamaah terkait persoalan yang dihadapi, termasuk masalah honor perangkat kampung. Sehingga persoalan-persoalan tersebut bisa dicarikan solusinya.

Sekretaris BPKD Kota Subulussalam, Baginda Siregar menjelaskan pihaknya sedang memproses usulan sejumlah desa yang sudah masuk ke BPKD terkait pencairan honor aparatur kampung triwulan i 2023. BKPK berupaya mempercepat proses pencairan honor perangkat kampung tersebut bisa dibayar minggu ini atau paling telat minggu depan.

"Usulan dari desa sedang kita proses, sebagian sudah ke tahap SPM, jika ada yang sudah siap berkasnya semua, bisa saja kita cairkan minggu itu. Kalau minggu depan saya pastikan semua yang sudah mengajukan ini akan kita bayarkan," kata Baginda Siregar.

Ia mengimbau kepada desa yang belum mengajukan penarikan untuk segera melengkapi berkas pengajuan penarikan triwulan I 2023. Menurutnya, berkas yang masuk saat ini di BPKD hanya usulan sebagian desa belum seluruh desa pengajuan penarikan.

"Desa-desa yang sudah mengajukan segera kita proses, yang belum masuk belum bisa kami proses, harus buat pengajuan penarikan dulu," kata Baginda Siregar.

Kepala DPMK Kota Subulussalam, Irwan Faisal mengatakan jumlah desa yang sudah mengajukan penarikan sebanyak 44 desa yang telah menyelesaikan APBDes. Sisanya, sisanya 38 desa lainya saat ini sedang menyusun APBDes dan segera mengajukan penarikan.

"Ada 44 desa yang sudah siap APBDes nya dan sudah mengajukan pencairan APBK 2023," kata Irwan Faisal. [Bolon Maha]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Walkot Subulussalam Perintahkan Bayar Honor Perangkat Kampung, BPKD: Diupayakan Minggu Ini

Terkini

Topik Populer

Iklan