Iklan

terkini

Aksi Sosial Menyambut Ramadan, Yayasan Zurisma Gelar Donor Darah

Redaksi
Senin, Maret 20, 2023, 15:05 WIB Last Updated 2023-03-20T08:05:55Z
Salah seorang pendor sedang melakukan donor darah (Foto/ Hamdani)

Bireuen - Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan beberapa hari lagi, Yayasan Zurisma yang beralamat di Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh menggelar kegiatan sosial donor darah di Matang Glumpang Dua, pada Senin, (20/03/2023).

Ada 36 kantong darah yang terkumpul dalam kegiatan Donor Darah yang digelar oleh Yayasan Zurisma, sedangkan yang gagal mendonorkan darahnya ada sembilan orang, dengan berbagai alasan, seperti  kurang HB, ada minum obat, kurang tidur. 

Informasi ini disampaikan Ketua Yayasan Zurisma Denny Sumantri M, SE.,MSM pada media ini usai kegiatan sosial itu dilaksanakan.

"Alhamdulillah, ada 36 kantong darah terkumpul dalam kegiatan hari ini, sementara sembilan orang gagal mendonorkan darahnya dengan berbagai alasan, seperti kurang HB, minum obat, dan kurang tidur," kata Denny yang juga berprofesi sebagai dosen di Universitas Almuslim ini.

Tambah Denny, yayasan yang dia pimpin akan terus melaksanakan kegiatan donor darah ini secara rutin.

"Kegiatan donor darah ini sudah menjadi agenda rutin Yayayasan Zurisma," terang Denny yang juga Sekretaris Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah ini.

"Kegiatan kali ini adalah dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan," lanjutnya.

Salah seorang pendonor Intan Aklima yang merupakan  mahasiswi Praktek Profesi Keguruan dan Pengabdian Masyarakat (PPKPM) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yang sedang melaksanakan pengabdian di Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah mengaku baru pertama sekali mendonorkan darahnya.

"Ini baru pertama saya melakukan donor darah, awalnya takut, tapi ingin mencoba, ternyata tidak sakit," ujar mahasiswi Jurusan Bahasa Inggris ini.

Hal senada juga diungkapkan Muhammad Rijal Akid, mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris, yang juga sedang melaksanakan PPKPM di desa yang sama.

"Saya juga baru pertama ini mendonorkan darah saya," kata Muhammad Rijal yang mengaku sebagai ketua kelompok PPKPM dan sudah melaksanakan kegiatan smtersebut selama 40 hari.

Wardati, S.KM.,M.KM penanggangung jawab ruangan UTD dr. Fauziah Bireuen pada media ini di lokasi kegiatan mengatakan bahwa donor darah memang sangat besar manfaatnya.

"Ada banyak manfaat donor darah, salah satunya membuat awet muda, karena membantu mengantikan sel-sel kulit mati, dan banyak juga manfaat lainnya dari donor darah," ujar Wardati. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Aksi Sosial Menyambut Ramadan, Yayasan Zurisma Gelar Donor Darah

Terkini

Topik Populer

Iklan