Iklan

terkini

Dosen Umuslim Perkenalkan Model Pembelajaran Lesson Study kepada Ibu Penjaga Hutan

Redaksi
Selasa, Januari 03, 2023, 14:46 WIB Last Updated 2023-01-03T07:46:11Z
Dosen Umuslim sedang memperkenalkan Model Pembelajaran Lesson Study kepada  Ranger (Foto/Zulkifli)

Bireuen - Sejumlah dosen Universitas Almuslim (Umuslim) melakukan  pelatihan model pembelajaran Lesson Study kepada para ranger (ibu penjaga hutan) Desa Damaran Baru, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah.

Ranger adalah sekolompok ibu-ibu  penjaga hutan yang  berfungsi untuk melindungi kawasan hutan negara atau hutan lindung melalui skema hutan desa menjadi praktisi lingkungan bidang edukatif.

Untuk mendukung dan menyahuti program para ranger, dosen Umuslim melalui skema program Hibah Kegiatan Kampung Bangkit (KKB) yang didanai oleh KemendikbudRistek mengadakan workshop model pembelajaran Lesson Study kepada mereka. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di embung hutan lindung Desa Damaran Baru, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah.

Workshop dilaksanakan selama dua hari diikuti sebanyak 30 orang ranger, didampingi  LSM Burni Telong beserta Anggota dari KPH. 

Menurut salah seorang dosen yang memberi materi tentang Lesson Study, Misnar, MA pada media ini Selasa, (03/01/2023), workshop yang dilakukannya sangat menarik,  dimana selama ini metode  lesson study dilaksanakan untuk satuan pendidikan dan guru menjadi sasarannya.

"Tetapi workshop kali ini diikuti ranger terdiri dari ibu-ibu rumah tangga dan dilatih model pembelajaran lesson study dengan tujuan mengedukasikan pentingnya hutan untuk dijaga dari berbagai mara bahaya," katanya.

"Dasar melaksanakan workshop bagi ranger, seperti diketahui tahun 2015 Desa Damaran Baru pernah mengalami pengalaman buruk yaitu terjadinya bencana banjir bandang menyebabkan dampak kerugian yang sangat besar bagi masyarakat," lanjutnya.

Workshop tersebut dilaksanakan secara outdoor sehingga memudahkan para peserta untuk dapat berinteraksi langsung dengan alam dengan contoh yang disajikan oleh pemateri.  

"Diharapakan adanya edukasi melalui  workshop dapat  memberikan dampak positif bagi para ranger khususnya dalam ilmu keguruan, dimana mereka berperan menjadi guru (praktisi) untuk mengedukasikan tentang lingkungan, khususnya tentang hutan lindung Desa Damaran Baru," jelas ketua pelaksana kegiatan Dr. Najmuddin, MA.

Adapun dosen yang terlibat dalam program ini terdiri dari berbagai bidang keilmuan, seperti misalnya  Dr. Halus Satriawan, M.Si, Bidang ilmu tanah), Nuraida, SP., M.Si. (Ilmu kehutanan), drh. Yusrizal Akmal, M.Si. (ilmu Perairan), Dr. Najmuddin, MA (Ilmu Pendidikan Islam) dan  Misnar, MA (Bidang Lesson Study).

 Kegiatan  ditutup dengan penanaman pohon oleh para dosen bersama sejumlah siswa dan  juga masyarakat Desa Damaran Baru. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen Umuslim Perkenalkan Model Pembelajaran Lesson Study kepada Ibu Penjaga Hutan

Terkini

Topik Populer

Iklan