Iklan

terkini

Badan Kemakmuran Masjid Al Mukarramah Gandeng BKPRMI Aceh Bentuk Remaja Masjid

Redaksi
Minggu, Januari 22, 2023, 18:33 WIB Last Updated 2023-01-22T11:33:26Z
Pembentukukan Remaja
Masjid Al Mukarramah Ganding BKPRMI Aceh (Foto/Ist)

Banda Aceh - Dalam rangka mewujudkan masjid yang makmur, BKM (Badan Kemakmuran Masjid) Masjid al Mukarramah Banda Aceh melakukan kaderisasi Remaja Masjid selama dua hari yang berlangsung di masjid tersebut sejak tanggal 15-22 Januari 2023.

Program kaderisasi dilakukan dengan menggelar pelatihan yang difokuskan bagi kalangan remaja dan pemuda dari lingkungan masjid.

PLT Ketua BKM Al Mukarramah Banda Aceh Ustadz Zulfikar didampingi Ketua Panitia Suwardi S pada media ini Minggu, (22/01/2023) mengatakan, peserta yang terdiri dari laki-laki dan perempuan sebanyak 27 orang sangat antusias mengikuti pelatihan.

Zulfikar menambahkan, untuk mewujudkan organisasi remaja masjid yang profesional, BKM Masjid menggandeng DPW BKPRMI Aceh untuk melakukan kaderisasi dan uji kelayakan serta membentuk remaja masjid al Mukarramah. 

Menurut  Zul, masjid harus di isi oleh anak-anak muda selaku estafet masa depan kepengurusan masjid, maka itu kami lakukan kaderisasi ini, karena kami menyadari bahwa kami para orang tua masjid tidak selamanya dapat mengurusi masjid.

Sementara Ketua BKPRMI Aceh Dr Mulia Rahman mengucapkan terima kasih kepada BKM Masjid Al Mukarramah yang telah mengganding BKPRMI selaku organisasi nasional pemuda remaja masjid untuk turun terlibat langsung dalam pembentukan pengurus remaja masjid. 

Ia juga menjelaskan, setiap masjid di manapun posisi dan tempat wajib didalamnya ada terbentuk kepengurusan remaja masjid, dan masjid yang tidak ada remaja masjid.

"Sehebat apapun masjid tersebut tetap belum maju berkembang dan belum produktif karena tidak ada unsur pemuda remaja di dalamnya," ujarnya.

Sebab itu dirinya menekankan, mengelola masjid harus dengan pola organisasi dan manajemen yang baik, maka akan terwujud kemakmuran yang nyata dan jamaah akan sangat nyaman berada didalam masjid, apalagi remaja masjid adalah kader pengganti masa depan pengurus masjid hari ini. 

"Tidak selamanya kita mampu mengurusi masjid karena faktor usia, kesehatan dan perkembangan zaman menjadi hal utama dalam wujud kaderisasi masjid," imbuhnya mengingatkan.

Mulia Rahman kemudian berharap agar semua BKM Masjid diseluruh gampong se Aceh memastikan disetiap masjid harus ada pengurus remaja masjid.

"BKPRMI siap menjadi mitra strategis pembentukan remaja masjid, dan Organisasi BKPRMI ada di setiap kabupaten kota se Aceh yang siap turun ke masjid-masjid untuk membentuk pengurus masjid yang profesional," pungkas Mulia. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Badan Kemakmuran Masjid Al Mukarramah Gandeng BKPRMI Aceh Bentuk Remaja Masjid

Terkini

Topik Populer

Iklan