Iklan

terkini

UPTD Puskesmas Kota Baharu, Aceh Singkil. Gelar Lokmin

Redaksi
Kamis, Desember 22, 2022, 17:27 WIB Last Updated 2022-12-22T10:27:05Z
Pertemuan Lokmin UPTD Puskesmas Kota Baharu, Aceh Singkil (Foto/Khairi)

Aceh Singkil - Loka karya mini (Lokmin) lintas sektor UPTD Puskesmas Kota Baharu, Aceh Singkil yang merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Kota Baharu untuk mempresentasikan kegiatan kesehatan di Desa wilayah Kecamatan. Kamis, (22/12/2022) digelar di Aula Kantor Camat Kota Baharu.

Camat Kota Baharu Sumadi, S.IP., M.Si, dalam laporannya sebelum membuka acara Lokmin, berharap kepada peserta yang hadir untuk selalu memperhatikan kesehatan diri pribadi, keluarga dan masyarakat.

"Hilangkan ego pribadi, bangun komunikasi baik antara lintas sektor, UPTD Puskesmas, kepala Desa, BPKamp dan tokoh masyarakat lainnya, agar kesehatan wilayah Kecamatan Kota Baharu, selalu terjaga melalui kebersamaan dengan lintas stakeholder di dalam kecamatan," jelas Sumadi.

Lanjut Sumadi, ia tertarik dengan ungkapan, tidak mungkin sumber daya manusia maju, tanpa diawali kesehatan itu sendiri, sehingga pendidikan IQ, tentu kesehatan pertama melatar belakanginya.

"Pada prinsipnya yang hadir duduk di aula kantor camat, ialah lintas sektor stakeholder untuk implementasikan, memperbaharui dan memperbaharui data - data kesehatan di kampung sendiri," tutupnya. 

Selanjutnya camat membuka lokmin lintas sektor UPTD Puskesmas Kecamatan Kota Baharu secara resmi.

Kadis Kesehatan Aceh Singkil. H. Subarsono mengatakan, Lokmin merupakan kegiatan rutin puskesmas atau tenaga kesehatan kepada masyarakat kecamatan dengan tujuan untuk merespon permasalahan kesehatan di tengah masyarakat, supaya bisa memberikan masukan kepada tenaga kesehatan dan bidan - bidan desa.

"Posyandu adalah milik kita masyarakat, tentu jangan sungkan - sungkan, melaporkan ke kecamatan, manakala bidan desa, tidak aktif, karena kesehatan adalah inti pertama," ucap Subarsono.

"Saya mengabsen bidan desa yang hadir dalam lokmin ini, sekalian melihat tingkat keaktifan dan juga menekankan, kepada tenaga kesehatan selalu aktif dan selalu harus memperhatikan masyarakat, walau posisi puskesmas kita masih berstatus rawat jalan. Artinya, selalu peduli dengan kesehatan," tutur Subarsono.

Kemudian Kapus Kota Baharu, Dewi Herawati, SKM, mempresentasikan hasil data kegiatan kesehatan di wilayah Kecamatan Kota Baharu, melalui data yang dikumpulkan, mulai laporan persentase kesehatan yang ada, penanganan gaji buruk sudah menurun, stanting, imunisasi, data bumil resti dan lainnya.

"Kepala Desa wilayah Kecamatan Kota Baharu, menzerokan stunting dan selalu berperaktif mendukung kesehatan," jelasnya. [Khairi]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • UPTD Puskesmas Kota Baharu, Aceh Singkil. Gelar Lokmin

Terkini

Topik Populer

Iklan