Iklan

terkini

41 Dayah di Aceh Terima Bantuan Usaha Pemberdayaan Ekonomi dari Baitul Mal Aceh

Redaksi
Jumat, Desember 30, 2022, 13:54 WIB Last Updated 2022-12-31T15:24:33Z
Penyaluran bantuan oleh Baitul Mal Aceh (BMA) untuk pemberdayaan ekonomi kepada 41 dayah di Aceh (Foto/Ist)

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh (BMA) telah menyalurkan bantuan usaha untuk pemberdayaan ekonomi kepada 41 dayah di Aceh. Bantuan yang bersumber dari dana infak BMA tahun 2022 itu ditransfer langsung ke rekening masing-masing dayah. 

Anggota Badan BMA Muhammad Ikhsan pada media, Jumat  (30/12/2022) mengatakan program bantuan ini bertujuan untuk membantu menghidupkan usaha dayah agar lebih berkembang. 

Dengan ini diharapkan mampu secara mandiri membiayai operasional dan kebutuhan penyelenggaraan pendidikan di dayah tersebut.

“Data awal dari dayah-dayah tersebut merupakan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Dayah Aceh. Kemudian diverifikasi oleh BMA sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Verifikasi dilakukan dengan mengunjungi langsung lokasi dan tempat usaha serta wawancara langsung dengan pengelolanya,” kata Muhammad Ikhsan.

Sementara itu, Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden menjelaskan bantuan yang diterima dayah sangat bervariasi, sesuai dengan unit usaha yang telah dijalankan oleh dayah terkait.

Usaha yang paling dominan adalah minimarket/kantin dayah, selain itu juga ada usaha depot isi ulang, butik, penggilingan padi, peternakan, budidaya ikan, percetakan dan menjahit.

“Bantuan yang disalurkan BMA disesuaikan dengan unit usaha yang dijalankan oleh dayah, yaitu berkisar antara Rp9,9 juta hingga Rp100 juta dengan total bantuan mencapai Rp2 miliar,” kata Rahmad Raden.

Adapun Dayah yang dibantu tersebut tersebar di beberapa kabupaten/kota di Aceh, diantaranya Banda Aceh sebanyak dua dayah, Aceh Besar empat dayah, Sabang satu dayah, Aceh Jaya dua dayah dan Nagan Raya empat dayah. 

Kemudian Aceh Timur enam dayah, Aceh Tamiang dua dayah, Langsa satu dayah, Aceh Utara enam dayah dan Pidie Jaya dua dayah. 

Selanjutnya Bireuen dua dayah, Lhokseumawe dua dayah, Singkil dua dayah, Simeulue satu dayah, Bener Meriah satu dayah, Aceh Tengah satu dayah dan Aceh Tenggara dua dayah. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 41 Dayah di Aceh Terima Bantuan Usaha Pemberdayaan Ekonomi dari Baitul Mal Aceh

Terkini

Topik Populer

Iklan