Iklan

terkini

Hebat! Dua Mahasiswi Umuslim Juara di NGU Jepang. Rektor: Ini Menunjukkan Kita Berkualitas

Redaksi
Jumat, November 25, 2022, 12:00 WIB Last Updated 2022-11-25T05:00:04Z
Qurrata Ayun dan Raiha Hayati
(rok Itam) dua mahasiswi Umuslim yang menjadi juara di NGU Jepang (Foto/Ist)

Bireuen - Dua orang mahasiswi Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Kabupaten Bireuen, berhasil meraih  prestasi pada ajang Japanese Speech Contest  Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang, bertempat di Community Link di Taiho Kampus Nagoya Gakuin University, pada Selasa, (22/11/2022) lalu. 

Kabar gembira itu disampaikan Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Umuslim Dr.rer.nat.Ernawita, M.Sc pada juangnews.com Jumat, (25/11/2022).

Lanjutnya, kegiatan Japanese Speech Contest merupakan kegiatan rutin tahunan tingkat Internasional di NGU diikuti peserta  mahasiswa asing yang kuliah di NGU.

"Adapun dua mahasiswi Umuslim yang meraih juara tersebut yaitu Qurrata Ayyun  Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) meraih juara 2 dan Raihan Hayati Raihan Hayati, Prodi PGSD FKIP mendapat juara 3, sedangkan juara satu diraih Jindajiraphat Khanayod dari Thailand," terang Ernawita.

"Penyerahan sertifikat dilakukan langsung oleh Profesor Seichi Sugawa sensei yang erupakan kepala Kantor international NGU," lanjutnya.

Menurut Ernawita keberadaan mahasiswi Umuslim di Jepang dalam rangka mengikuti program pertukaran pertukaran mahasiswa  (Student Exchange) hasil kerjasama antara Umuslim dan NGU Jepang.

"Tujuan program Japanese Speech Contest diselenggarakan guna mempererat hubungan mahasiswa asing dengan mahasiswa NGU  yang berasal dari Jepang, selain itu untuk meningkatkan  kompetisi dan kemampuan berbahasa antara mahasiswa asing berbicara di depan  publik," jelas  Ernawita.

"Pada perlombaan ini ada beberapa bahasa yang diperlombakan seperti bahasa Inggris, Jepang, China, dan Korea,peserta lomba ratusan mahasiswa  berasal dari berbagai negara, seperti Amerika, China, Taiwan, Korea, Kanada, Indonesia dan dari negara Jazirah Arab," tambahnya.

Menurut Ernawita, setiap mahasiswa asing yang kuliah di NGU diwajibkan mengikuti perlombaan ini dengan menggunakan bahasa Jepang,  dengan tema  yang diarahkan panitia.

Rektor Umuslim Dr. Marwan, MPd mengucapkan syukur atas prestasi yang membanggakan  diraih dua mahasiswi Umuslim di tingkat Internasional.

"Ini menunjukan bahwa mahasiswi yang kuliah di Umuslim tidak kalah prestasinya dengan  mahasiswa di luar Umuslim," ungkap Marwan terharu.

Menurut Marwan, keberadaan mahasiswi Umuslim di NGU Jepang dalam rangka implementasi kerjasama yang telah ditandatangani antara Umuslim dengan NGU Jepang beberapa tahun lalu.

"Tahun ini kita mengirimkan tiga orang mahasiswi kuliah di NGU Jepang selama dua semester atau satu tahun, biaya kuliah dan apartemen penginapan gratis karena adanya kerjasama antara Umuslim dan NGU Jepang,” kata Marwan.

"Selain itu kita di Umuslim sudah datang seorang dosen tamu dari Jepang Prof. Saiki Natsuko, kemungkinan tahun 2023 ini akan ada mahasiswi dari NGU Jepang yang kuliah di Umuslim," jelas Marwan.

Lanjutnya, program ini sebagai perwujudan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sudah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek Dikti.  [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hebat! Dua Mahasiswi Umuslim Juara di NGU Jepang. Rektor: Ini Menunjukkan Kita Berkualitas

Terkini

Iklan