Iklan

terkini

Dosen Unimal Laksanakan PKM, Latih E-Commerce bagi Wirausahawan Muda

Redaksi
Minggu, November 06, 2022, 20:11 WIB Last Updated 2022-11-06T13:12:06Z
Pelatihan E-Commerce bagi wirausahawan muda Desa Blang Pulo, Kota Lhokseumawe (Foto/Hamdani)

Lhokseumawe - Sejumlah dosen Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara melakukan pengabdian kepada masysrakat (PKM) dengan memberikan pelatihan e-commerce bagi wirausahawan Muda di Desa Blang Pulo, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

Ketua Tim PKM Jullimursyida, PhD, pada media ini Minggu, (06/11/2022) mengatakan bahwa, kegiatan tersebut dilaksanakan pada Minggu, 6 November 2022 Pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. 

Adapun materi pelatihan diberikan oleh Razif, SE, M.Si., Ak, yang merupakan salah satu pemilik coffeeshop di Kota Lhokseumawe. 

Dalam materinya, Razif menyampaikan bahwa bahwa ada tiga hal utama yang bisa dilakukan oleh penjual untuk meningkatkan performa penjualan, yaitu memaksimalkan penggunaan sosial media seperti Instagram ataupun TikTok.

"Selain memaksimalkan medsos, juga menggunakan jasa antar (kurir) untuk pemesanan online, pembayaran yang mudah, seperti menggunakan QRIS dan juga mencatat pengeluaran dan pemasukan penjualan baik secara manual dengan buku kas ataupun secara digital dengan aplikasi Qasir," papar Razif.

"Pembuatan packaging yang menarik untuk menambah nilai jual dan menarik perhatian konsumen. Serta menbuat akun toko online untuk memperkenalkan serta menjual produk secara online seperti aplikasi Shopee dan e-commerce lainnya," lanjutnya.

Menurut Razid, selain memaksimalkan penggunakan sosial media sebagai sarana untuk mengiklankan produk. Manajemen keuangan penjualan produk harus jelas dan terarah serta tidak digabungkan dengan manajemen keuangan rumah tangga. 

"Serta untuk yang sudah memiliki warung atau toko bisa menggunakan CCTV untuk mengontrol karyawan, jika sudah memiliki karyawan dan sebagai keamanan toko," pungkasnya.

Jullimursyida yang didampingi anggota Tim PKM Dr. Mawardati, M.Si serta Mutia Rahma, SE., M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pencerahan dan juga melatih para wirausaha muda yang jumlahnya terus bertambah di Blang Pulo untuk terus membenahi usaha yang dijalankan seiring dengan bertambah banyaknya konsumen yang di Desa Blang Pulo, terutama mahasiswa Unimal yang terus meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun. 

"Selain itu juga untuk memberikan latihan kepada mereka untuk penggunaan alat transaksi non tunai dan bagaimana caranya melakukan pemasaran produk secara digital," papar Jullimursyida.

Akhir kegiatan dilakukan tanya jawab dan foto bersama. kegiatan ini diikuti oleh 23 orang wirausaha muda yg memiliki usaha di Blang Pulo terutama mereka yang memiliki usaha di sekitar Kampus Bukit Indah. [Hamdani]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen Unimal Laksanakan PKM, Latih E-Commerce bagi Wirausahawan Muda

Terkini

Topik Populer

Iklan