Iklan

terkini

Cek Mad Resmikan RSUD dr. Muchtar Hasbi Lhoksukon, Mulai Layani Pasien Rawat Jalan

Redaksi
Rabu, Juni 22, 2022, 17:28 WIB Last Updated 2022-06-22T10:28:04Z
Bupati H. Muhammad Thaib saat memotong pipa tanda peresmian RSUD dr Muchtar Hasbi Lhoksukon (Foto/M. Jafar Peunteut)

Aceh Utara -  Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib alias Cek Mas meresmikan beroperasinya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Muchtar Hasbi, Rabu, (22/06/2022). 

Rumah Sakit ini sebelumnya bernama RSUD Pratama Lhoksukon. Rumah sakit milik pemerintah dengan type D ini berlokasi di Jalan Raya Banda Aceh – Medan, belakang Dinas Kesehatan Aceh Utara, di Gampong Alue Muden Kecamatan Lhoksukon. 

Setelah dilakukan peresmian, RSUD dr. Muchtar Hasbi langsung dapat melayani pasien rawat jalan melalui layanan empat poliklinik, yakni Poliklinik Penyakit Dalam, Poli Anak, Poli Bedah dan Poli Kandungan (Obstetri  & Ginekologi).

Prosesi peresmian ditandai dengan pengguntingan pita pada pintu masuk ruang IGD dilakukan oleh Bupati H. Muhammad Thaib. Selanjutnya prosesi peusijuek dilakukan oleh Walidi atau Tgk. H. Jamaluddin Ismail, Imum Syik Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, didampingi oleh Waled Landeng atau Tgk Zulfadli Ismail, Pimpinan Dayah Keumaral Al-Aziziyah.

Cek Mad dalam arahannya meminta manajemen rumah sakit untuk terus membenahi dan melengkapi prasarana maupun SDM tenaga kesehatan. 

“Ini adalah pelayanan, maka lakukan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat sehingga masyarakat bisa ‘jatuh hati’ terhadap rumah sakit ini," kata Cek Mad.

"Untuk tahap awal, minimal bisa melayani terhadap pasien darurat, misalnya stroke atau pasien kecelakaan lalulintas,” minta Cek Mad.

Menurut Cek Mad, Pemkab Aceh Utara terus mengupayakan berbagai prasarana pendukung, termasuk prasarana jalan masuk ke rumah sakit sekitar 400 meter sudah diusul untuk pengerasan dan pengaspalan. 

Sedangkan untuk kebutuhan perluasan dan penambahan bangunan rumah sakit, di lokasi tersebut tersedia lahan sekitar 9 hektar, dan sangat memadai untuk pengembangan Rumah Sakit nantinya.

Disebutkan, saat ini RSUD dr. Muchtar Hasbi masih type D, diharapkan dalam dua tahun ke depan harus bisa menjadi Rumah Sakit type C. 

Untuk itu, akan terus dilengkapi sarana dan prasarana, termasuk jumlah bed (ranjang) pasien, saat ini tersedia 72 bed akan ditambah menjadi 125 bed.

“Meskipun nanti saya tidak lagi sebagai bupati, kita minta penjabat bupati maupun bupati definitif berikutnya akan melanjutkan pembangunan rumah sakit ini, sehingga menjadi tempat layanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat,” ungkap Cek Mad.

Menurut Cek Mad, mendapatkan layanan kesehatan yang baik adalah hak seluruh masyarakat. Dengan luas wilayah Kabupaten Aceh Utara 3.297 Km persegi dan terdiri dari 27 kecamatan, serta jumlah penduduk 602.783 jiwa, maka memiliki satu unit rumah sakit belumlah mencukupi untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang merata dan terjangkau bagi seluruh masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut, maka terbitlah Perbup Nomor 34 Tahun 2020 tentang terbentuknya RSUD Kelas D Pratama yang saat ini beralih nama menjadi UPTD dr Muchtar Hasbi dengan Keputusan Bupati Aceh Utara Nomor 39 Tahun 2021.

“Saya harapkan kepada seluruh staf UPTD RSUD dr Muchtar Hasbi untuk dapat melayani masyarakat secara profesional dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, melayani dengan ikhlas dan penuh empati kepada para pasien, tanpa pandang bulu,” harapnya. [M. Jafar Peunteut]


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cek Mad Resmikan RSUD dr. Muchtar Hasbi Lhoksukon, Mulai Layani Pasien Rawat Jalan

Terkini

Iklan