Iklan

terkini

Dosen PNL Rancang Teknologi untuk Menghindari Gagal Panen Udang Vaname

Redaksi
Selasa, Oktober 19, 2021, 11:31 WIB Last Updated 2021-10-19T04:31:58Z
Dr. Ir. Saifuddin, MT saat menyerahkan hasil rancangan kepada penerima manfaat (foto/ist)

Lhokseumawe - Sejumlah dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL)   merancang teknologi nano buble untuk menghindari gagal panen pada udang vaname akibat virus. Informasi ini disampaikan Dr. Ir. Saifuddin, MT yang merupakan Ketua tim pada kegiatan yang dibiayai Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) pada juangnews.com Selasa, (19/10/2021).

"Saya bersama tim merancang ini dengan niat untuk menghindari gagal panen pada udang vaname akibat virus," kata Saifuddin.

"Disamping itu aplikasi bioflok untuk menghemat pakan buatan agar biaya produksi lebih rendah," tambah Saifuddin yang juga Ketua Jurusan Teknik Kimia ini.

Menurut Saifuddin, banyak pembudidaya ikan atau udang gulung tikar karena biaya pakan lebih mahal sehingga biaya produksi menjadi lebih tinggi yang akan mengakibatkan banyak pembudidaya ikan tidak mau lagi melanjutkan usahanya.

"Karena selama ini banyak pembudidaya ikan gulung tikar dan enggan melanjutkan usahanya, maka kami mencoba membantu mereka," ungkap alumni doktoral di salah satu kampus di Malaysia ini.

Saifuddin mengatakan, kegiatan yang mereka laksanakan ini juga melibatkan dosen lain, yakni Ir. Nahar MT dan Ir. Jenne Syarief. MT.

"Selain saya, ada juga terlibat dua orang dosen lain. Kegiatan ini kami laksanakan di Gampong Teumpok Teungoh, Kota Lhokseumawe mulai dari 2 Oktober sampai 15 Oktober 2021," terang Saifuddin.

Mustaqim salah seorang pembudidaya ikan di Teumpok Teungoh kepada media ini mengaku sangat bermanfaat dengan adanya teknologi yang dirancang oleh dosen PNL.

"Sangat bermanfaat, kegiatan ini. Saya bersyukur dengan adanya program ini," aku Mustaqim yang juga pengurus pesantren ini. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dosen PNL Rancang Teknologi untuk Menghindari Gagal Panen Udang Vaname

Terkini

Iklan