Iklan

terkini

Aceh Utara Raih 9 Piala Tetap di MQK II Tahun 2021 dan 104 Juta Dana Pembinaan

Redaksi
Minggu, Oktober 17, 2021, 20:53 WIB Last Updated 2021-10-17T13:53:15Z
Kontingen Aceh Utara (foto/ist) 

Banda Aceh - Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK II) yang dilaksanakan di Asrama Haji Embarkasi Banda Aceh secara resmi ditutup oleh Gubernur Aceh yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Keistimewaan Aceh, SDM dan Hubungan Kerjasama Drs. Bukhari, MM Sabtu Malam (16/10/2021).

Malam Penutupan MQK-II Aceh Tahun 2021 ini turut dihadiri oleh Unsur Forkopimda Aceh, Wakil Ketua MPU Aceh Drs. Tgk. H. Muhibbuththabary M.Ag, Ketua Komisi VI DPRA Irawan Abdullah, Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin dan Para Perwakilan SKPA.

Pada MQK II Aceh Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah, Aceh Utara berada di posisi ke 6 dengan perolehan nilai 41 poin dari 10 cabang yang diperlombakan.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Utara Tgk. Abdullah Hasbullah, S.Ag. MSM mengatakan, atas prestasi tersebut Kafilah Aceh Utara berhak mendapatkan dana pembinaan sebesar 104 juta dan 9 sembilan piala tetap.

“Alhamdulillah atas hasil yang  dicapai oleh kafilah, semoga kedepan Aceh Utara dapat mengukir prestasi yang lebih baik lagi," terang Mantan Sekwan Aceh Utara ini.

Pada MQK II tahun 2021, Kafilah Aceh Utara meraih juara 2 Cabang Tauhid Putra Kategori Marhalah Ula, sedangkan Akhlak Putri mendapatkan Juara Harapan 3

Sementara itu untuk Marhalah Wustha Cabang Fiqh Putra merebut juara 2, Tarikh Putri Juara Harapan 1, Tafsir Putra Juara 3, Tafsir Putri Juara 2 dan Hadist Putra Juara 3.

Sedangkan Kategori Marhalah Ulya, Kafilah Aceh Utara berhasil meraih Juara 2 pada cabang Nahu Putra, dan Balaghah Putri mendapatkan Juara Harapan 1.

Berikut peringkat hasil MQK II Provinsi Aceh Tahun 2021:

Subulussalam: 64 poin (Juara Umum)
Banda Aceh: 63 poin
Aceh Selatan: 62 poin
Aceh Besar: 60 poin
Bireuen: 50 poin
Aceh Utara: 41 poin

Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib  melalui Kabag. Humas Aceh Utara Hamdani, S.Ag M.Sos usai penutupan mengatakan, MQK ini dinilai sangat penting bagi santri untuk mengasah kecerdasan dalam membaca kitab kuning tanpa baris, selain itu juga sebagai wadah bertemunya para santri Se Aceh dalam rangka penguatan nilai-nilai silaturrahmi.

"Kita bersyukur bisa mengirim kontingen walaupun dengan segala keterbatasan, kedepan kita komit mendorong peningkatan persiapan para santri menghadapi MQK ke III," ungkap Alumnus IAIN Lhokseumawe.

Penetapan Juara Umum disampaikan langsung oleh Tgk. Muzakkir, S.Ag selaku Sekretaris Koordinator Dewan Hakim MQK-II Tingkat Provinsi Aceh. [Muhammad Hatta]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Aceh Utara Raih 9 Piala Tetap di MQK II Tahun 2021 dan 104 Juta Dana Pembinaan

Terkini

Topik Populer

Iklan