Iklan

terkini

UPZIS PNL Salurkan Zakat Kepada Mahasiswa, Arhami: Tangan di Atas Lebih Baik Daripada Tangan di Bawah

Redaksi
Selasa, Juli 02, 2024, 10:54 WIB Last Updated 2024-07-02T04:01:49Z
Wakil Direktur I Muhammad Arhami, S.ST., M.Kom, saat memberikan zakat secara simbolis kepada mahasiswa penerima. (Foto/Hamdani)

Lhokseumawe - Unit Pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah (UPZIS) Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) menyalurkan zakat kepada 87 orang mahasiswa yang umumnya adalah mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsinya. Kegiatan penyaluran zakat tersebut dilaksanakan di Masjid Albayaan PNL pada Selasa, (02/07/2024).

Dalam sambutannya Direktur PNL Ir. Rizal Syahyadi, ST., M.Eng. SC.,IPM. ASEAN Eng., APEC Eng yang diwakili Wakil Direktur I Muhammad Arhami, S.ST., M.Kom, mengatakan bahwa apa yang diterima oleh mahasiswa adalah merupakan hak mereka.

Dalam kesempatan itu Arhami mengatakan bahwa dukungan lembaga terutama Direktur PNL kepada Upzis PNL sangat luar biasa, "beliau sampaikan salam pad hari ini karena tidak bisa hadir karena sedang dinas luar," kata Arhami.

Terkait masih minimnya jumlah pegawai yang membayar zakatnya di Upzis PNL, Arhami berharap kepada para kajur untuk menyarankan jajarannya supaya mau membayar zakatnya di Upzis PNL.

"Kita mohon kepada para kajur supaya mau membantu untuk menyarankan kepada jajarannya untuk membayarkan zakat di Upzis PNL. Ini merupakan tugas kajur dan kami jajaran pimpinan," ujar Arhami.

Dalam kesempatan itu, Arhami mengapresiasi kinerja Upzis PNL, yang menurutnya baru terbentuk tapi sudah menunjukkan kinerja yang baik, "kami yakin kinerjanya akan makin meningkat ke depannya," katanya.

Diakhir sambutannya Arhami yang pernah menempuh studi di Turki juga menceritakan pengalamannya di negara tersebut, terkait antusiasmenya warga di sana dalam membayar zakat.

"Merujuk pada negara Turki, bahwa animo untuk membayar zakat di sana luar biasa, walaupun mereka banyak yang sekuler. Karena mereka berprinsip, tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah," papar Arhami.

"Buat mahasiswa penerima zakat, manfaatkan lah sebaik-baiknya, terutama untuk menyelesaikan skripsi. Walaupun nilainya tidak besar tapi tentunya akan sangat berharga buat adik-adik mahasiswa. Jangan pakai uang itu membeli HP. Terkait masih minimnya jumlah pembayaran zakat di Upzis PNL, nanti kami pimpinan akan mencari formulasi kembali," pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Upzis PNL Dr. Ir. H. Ridwan, MT dalam laporannya  menyampaikan apresiasi kepada Tim Upzis PNL yang sudah bekerja luar biasa, "terimakasih kepada rekan-rekan dari Upzis PNL yang sudah bekerja luar biasa," kata mantan Direktur PNL ini.

"Saat ini ada 76 orang dari lebih kurang 500 lebih pegawai di lingkungan PNL yang menyalurkan zakatnya melalui Upzis PNL. Ini menjadi tantangan kepada pengurus dan pihak manajemen PNL untuk ke depan bisa ditingkatkan," kata Ridwan.

Tapi menurut Ridwan, pihak manajemen PNL sudah sangat mendukung  keberadaan Upzis ini. Sementara terkait dengan bantuan Upzis yang diberikan hari ini kepada mahasiswa, Ridwan berharap supaya ini bisa dipergunakan dengan sebaik mungkin.

"Kami berharap bantuan untuk mahasiswa ini bisa bermanfaat, karena banyak mahasiswa PNL yang kurang mampu," ujar Ridwan.

Selanjutnya Ridwan didampingi Wakil Ketua I. Ahmad Fauzan, LC., MA., Ph.D, Sekretaris Umum Muhammad Nasir Daudy, S.Pd.,M.Pd dan Sekretaris I  Mukhlis, SE., M.Ec mengatakan jumlah pendapatan zakat, infaq dan sedakah yang dikumpul oleh Upzis PNL pada  tahun 2023 adalah Rp118 juta lebih.

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh pengurus Upzis PNL, para ketua jurusan di lingkungan PNL, dan mahasiswa penerima zakat. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • UPZIS PNL Salurkan Zakat Kepada Mahasiswa, Arhami: Tangan di Atas Lebih Baik Daripada Tangan di Bawah

Terkini

Iklan