Iklan

terkini

Kata Bupati Bireuen Pemadam Kebakaran Harus Profesional Dan Mandiri

Redaksi
Rabu, Mei 08, 2024, 20:25 WIB Last Updated 2024-05-08T13:25:48Z

Pj Bupati Bireuen Sedang Melakukan Atraksi Pemadaman Api Dengan Mengunakan Apar Dalam Rangkaian Acara HUT Pemadan Ke-105 di Pendopo Bupati Bireuen.(Foto/Muliyadi)

Bireuen - Pemadam Kebakaran Kabupaten Bireuen Rabu, (08/05/2024) melaksanakan upacara Mempringati Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran ke-105 serta Simulasi Kebakaran di halaman Pendopo Bupati Bireuen. 

Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan Ph.D dalam sambutannya menyampaikan peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-105 tahun 2024 diharapkan dapat meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus meningkatkan kemandirian dan profesionalisme dalam rangka  memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati juga mengucapkan selamat dan semangat kepada para personil pemadam kebakaran khususnya  Kabupaten Bireuen sesuai dengan tema “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi”. Yang dalam tema tersebut terkandung semangat untuk membentuk pemadam kebakaran sebagai sebuah perangkat daerah yang  profesional  dan  mandiri, serta berorientasi pada pelayanan prima.

"Seperti kita ketahui bersama tugas dan fungsi petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan adalah untuk melakukan pencegahan, pengendalian dan penyelamatan, serta penanganan bahan berbahaya beracun yang bisa mengakibatkan kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia". Papar Bupati

Selanjutnya Bupati berkeinginan untuk merubah pola pikir tentang tugas penting pemadam kebakaran dan penyelamatan,  dimana masih   banyak pihak yang belum  sepenuhnya paham bahwa tugas pemadam kebakaran dan penyelamatan tidaklah semata-mata hanya memadamkan api pada saat kejadian kebakaran.

Namun lebih dari itu, petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan harus dapat memastikan kelayakan sebuah bangunan dalam mengatasi risiko kebakaran, dan dapat memetakan daerah rawan kebakaran, bahkan apabila kita melihat peran petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan dalam konsep yang diterapkan secara internasional, petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan berperan penting dalam setiap penanganan kejadian darurat. 

"Tugas-tugas penting itulah yang harus terus kita dorong untuk menciptakan profesionalitas dan kemandirian pemadam kebakaran dan penyelamatan untuk memberikan pelayanan berbasis standar pelayanan minimal (SPM)", paparnya. 

Selanjutnya Bupati menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan Kabupaten Bireuen, juga kepada pemadam kebakaran Perwakilan Aceh Utara dan Pidie Jaya yang selama ini turut membantu dalam melakukan pemadaman dan penyelamatan di Kabupaten Bireuen, semoga kerja sama yang baik ini kedepannya lebih kita tingkatkan lagi.

Kemudian Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada rekan media, insan pers dan wartawan yang telah berkontribusi dalam memberikan support, terutama dalam bentuk penyebaran informasi perkembangan pemerintahan dan terkhusus dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Bireuen.

"Apresiasi yang tinggi tentunya juga layak kita berikan kepada petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan yang telah menunjukkan kinerja yang luar biasa, dimana selalu hadir dalam setiap kejadian  yang  membahayakan kondisi manusia, bertugas melebihi jam kerja ASN  pada umumnya dengan membangun kesiapsiagaan selama 24 jam tanpa mengenal hari libur dan selalu berupaya memberikan pertolongan dengan mempertaruhkan keselamatan pribadi, membekali diri dengan keterampilan dan keahlian dalam melaksanakan tugas, dan berusaha menyelesaikan tugas secara sempurna". Tutup Bupati

Dalam Kegiatan tersebut, Pj Bupati Bireuen menyerahkan piagam penghargaan kepada pemadam kebakaran Perwakilan Aceh Utara dan Pidie Jaya yang selama ini turut membantu dalam melakukan pemadaman dan

penyelamatan di Kabupaten Bireuen.

Selain itu, seorang wartawan Bireuen, Rahmat Hidayat juga mendapat piagam serupa atas peran dan partisipasi bersama Damkar Bireuen. [Muliyadi]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kata Bupati Bireuen Pemadam Kebakaran Harus Profesional Dan Mandiri

Terkini

Topik Populer

Iklan