Iklan

terkini

MTsN 11 Bireuen Gelar Asesmen Madrasah 2024 Pengganti UN & UAMBN

Redaksi
Selasa, April 23, 2024, 00:30 WIB Last Updated 2024-04-22T17:50:30Z


Foto saat peserta didik MTsN 11 Bireuen mengikuti kegiatan Asesmen Madrasah (AM) dengan pemanfaatan teknologi berbasis komputer dan android (Foto/Ist)

Bireuen –  MTsN 11 Bireuen menggelar kegiatan Asesmen Madrasah (AM) dengan pemanfaatan teknologi berbasis komputer dan android. Kegiatan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer dan Android ini diikuti siswa kelas IX mulai Senin, 22 April 2024 sampai dengan Sabtu, 27 April 2024 mendatang. Hal tersebut dikatakan Plt.Kepala MTsN 11 Bireuen, Salma, S. Ag kepada media ini Senin, (22/04/2024).

Salma mengatakan, bahwa untuk tahun 2024 ini Asesmen Madrasah (AM) menyelenggarakan dengan pemanfaatan tekhnologi. Pihaknya memutuskan untuk tidak lagi menggunakan kertas atau asesmen berbasis kertas atau paper test.

“Pertimbanganya banyak dan intinya adalah transformasi digital itu sudah menjadi keniscayaan selain pertimbangan efektif, efisien, dan beberapa kemudahan lainnya,” ujar Salma yang di dampingi ketua panitia Fauzi, S. Pd di sela-sela menerima kunjungan M. Daud,.S.Ag,. M.Pd selaku tim Monitoring Ujian Kementerian Agama Kabupaten Bireuen.

Pada tahun ini, jumlah peserta didik MTsN 11 Bireuen kelas akhir yang mengikuti asesmen madrasah sebanyak 47 orang. Kegiatan asesmen madrasah dilaksanakan sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) dan Petunjuk Teknis (Juknis) yang sudah dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI.

Salma juga berharap agar siswa dapat menunjukkan kemampuan dan pengetahuannya yang telah mereka pelajari selama periode pembelajaran, serta menjawab soal dengan baik agar nantinya bisa memperoleh hasil yang memuaskan.

Kegiatan asesmen madrasah ini melibatkan guru-guru sebagai pengawas ujian dan di pantau langsung oleh tim Monitoring Ujian Kementerian Agama Kabupaten Bireuen.

Sekedar informasi Sebagai pengganti Ujian Akhir Madrasah (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN), Kementerian Agama (Kemenag) RI memiliki Asesmen Madrasah.

Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan untuk peserta didik kelas akhir jenjang madrasah. Tujuan diselenggarakannya Asesmen Madrasah adalah mengukur pencapaian hasil belajar siswa sesuai standar kompetensi lulusan yang sudah ditetapkan.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, M Sidik Sisdianto menyebut penyelenggaraan Asesmen Madrasah dimulai dari jenjang madrasah aliyah atau MA.

"Untuk jenjang madrasah tsanawiyah atau MTs, Asesmen Madrasah akan digelar pada rentang waktu 22 April-11 Mei 2024. Sedang untuk jenjang madrasah ibtidaiyah atau MI, asesmen pada rentang waktu 29 April-18 Mei 2024," jelas Sidik dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Asesmen Madrasah di Denpasar pada Senin (19/2/2024), seperti dikutip dari rilis laman Pendis Kemenag RI.[Muliyadi]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • MTsN 11 Bireuen Gelar Asesmen Madrasah 2024 Pengganti UN & UAMBN

Terkini

Topik Populer

Iklan