Iklan

terkini

Camat Kota Juang Dukung Program Usulan Prioritas Gampong

Redaksi
Selasa, Maret 05, 2024, 22:23 WIB Last Updated 2024-03-05T15:23:33Z
Kegiatan Musrenbang Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. (Foto/Muliyadi)

Bireuen - Dalam upaya membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan gampong yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen pada  Senin, (04/03/2024) kemarin melaksanakan Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Kota Juang tersebut berjalan sukses dengan tema "Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan, Transparansi Sosial dan Ekonomi Berdaya Saing Dengan Didukung Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan" 

Kegiatan Musrenbang ini dibuka oleh Pj Bupati yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Bireuen, Dailami, S.Hut, 

Dalam sambutannya Dailami menyampaikan bahwa untuk progam prioritas pembangunan Bireuen tahun 2024 terfokus pada statistik angka kemiskinan, penurunan stunting serta perencanaan pembangunan yang berdaya saing. 

Menyangkut dengan prioritas pembangunan tersebut, diharapkan seluruh pemangku kepentingan daerah dari tingkat kabupaten tingkat kecamatan hingga tingkat gampong agar lebih pro aktif dalam memfasilitasi kebutuhan masyarakat, selain itu juga pihak pelaksana baik infrastruktur maupun sosial agar dapat meminimalisir perbedaan dan menetralkan ego-ego sektoral. 

Sebelumnya Camat Kota Juang, Musni Syahputra, SIP ,M.Ec.Dev dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan musrenbang tahun ini berbeda dengan musrenbang pada tahun-tahun sebelumnya, dimana musrenbang tahun ini dilaksanakan di Aula Kantor Camat walapun dalam kondisi yang belum memadai dan pelaksanaan musrenbang sebelumnya dilaksanakan di Aula Setdakab Lama.

"Dengan kondisi aula seperti ini Camat berharap tahun depan agar dapat dianggarkan dana untuk kebutuhan ruangan Aula seperti pendingin ruangan (AC), gorden, pengeras suara (speker) permanen yang ditempel di dinding dan kursi futura sehingga untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan kedepannya dapat dapat difungsikan dan terasa lebih nyaman untuk digunakan," harap Camat

Selanjutnya camat mengatakan, untuk usulan program prioritas yang diajukan oleh keuchik dan tokoh masyarakat pada musrenbang kecamatan.

"Nantinya akan diteruskan ke Musrenbang Kabupaten yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kota Juang namun semuanya tergantung dari ketersediaan anggaran kabupaten," ujar Camat.

Sementara Anggota DPRK Bireuen Dapil I Kota Juang Kuala, Tgk Amryadi menyebut terkait beberapa usulan yang memfokuskan pada beberapa sektor pembangunan dibidang perekonomian dan sumber daya alam serta peningkatan sumber daya manusia bagi pemberdayaan masyarakat sudah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya, namun pada tahun 2024 dikarenakan minimnya anggaran maka akan dilaksanakan progam-program unggulan lain.

Terkait dengan pindahnya aktivitas Terminal Bus Pulo Ara ke terminal Glumpang Payong Kecamatan Jeumpa, Ir. Syahrul, M.M Ketua Tuha Peut Gampong Pulo Ara Gedong Teungoh menanyakan tentang kapan akan dimanfaatkan eks terminal tersebut yang kabarnya akan digunakan untuk pusat jajanan kuliner dan odong-odong, karena apabila tidak segera direalisasi dikhawatirkan tempat tersebut menjadi terbengkalai dan bisa tidak tertutup kemungkinan karena kondisinya sepi akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan ini akan meresahkan warga gampong Pulo Ara dan sekitarnya.

Musrenbang tersebut dihadiri oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Bireuen, Dailami, S. Hut, Anggota DPRK Bireuen Dapil I Kota Juang Kuala, Tgk Amryadi, Kepala SKPK dan Kepala Bidang Instansi Terkait, Camat Kota Juang, Sekcam, Kapolsek, Danramil, Kepala UPTD Puskesmas Kota Juang, Kepala UPTD KB, Ketua TP PKK Kota Juang dr Hermasari, Para Keuchik, Ketua Tuha Peut, Tokoh Wanita dan Mukim dalam Kecamatan Kota Juang. [Muliyadi]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Camat Kota Juang Dukung Program Usulan Prioritas Gampong

Terkini

Iklan