Iklan

terkini

UIN Ar-Raniry Perluas Jaringan Internasional

Redaksi
Rabu, Januari 24, 2024, 14:15 WIB Last Updated 2024-01-24T07:15:35Z
UIN Ar-Raniry bersama 53 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) lainnya telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) secara serentak dengan Zarqa University Jordan. Acara tersebut berlangsung di Auditorium UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah, Palembang, Selasa (23/01/2024) kemarin. (Foto/Ist)

Palembang -- Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh terus berkomitmen memperluas jaringan internasional dan memperkuat kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi kelas dunia. Langkah ini diambil dalam upaya menuju status universitas kelas dunia atau World Class University (WCU).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry, Prof Saifullah Idris, menyatakan, UIN Ar-Raniry bersama 53 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) lainnya telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) secara serentak dengan Zarqa University Jordan. Acara tersebut berlangsung di Auditorium UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah, Palembang, Selasa (23/01/2024) kemarin.

Saifullah, di bawah kepemimpinan Rektor Prof Mujiburrahman, MAg, UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meraih peringkat akreditasi unggul dari BAN-PT pada tahun 2023. Selanjutnya, universitas ini berkomitmen terus aktif dalam peringkat perguruan tinggi skala internasional di masa depan.

"Kerjasama internasional ini merupakan keharusan bagi UIN Ar-Raniry untuk mempertahankan prestasi dan bagian dari persiapan menuju World Class University," ungkapnya, didampingi Karo AAKK UIN Ar-Raniry, Mirwan Fasta, M.Si.

Saifullah menegaskan, kerja sama internasional merupakan aspek yang sangat penting, sejajar dengan aspek-aspek lain yang menjadi tuntutan berbagai lembaga akreditasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Lebih jauh, Saifullah menyatakan, kolaborasi ini menjadi fokus utama untuk pengembangan mutu UIN Ar-Raniry di masa depan. Sebelumnya telah melakukan sejumlah MoU dengan berbagai kampus terkemuka di kawasan ASEAN dan di berbagai belahan dunia seperti Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Australia, dan Timur Tengah.

Dengan terjalinnya kerjasama bersama Zarqa University Jordan, UIN Ar-Raniry membuktikan statusnya sebagai kampus yang dianggap penting oleh institusi luar negeri.

"Kami berharap MoU ini akan menghasilkan berbagai tindak lanjut yang bermanfaat. Kami juga mengajak semua pihak di UIN Ar-Raniry untuk segera melibatkan diri dalam berbagai program strategis sesuai visi dan misi universitas," tandasnya.

Presiden Zarqa University, Prof Dr Nidal Al Ramahi, menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang luar biasa. Zarqa University merasa senang dapat menjalin kerjasama dengan 54 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di seluruh Indonesia. 

"Ini sungguh luar biasa, dapat menjalin kerjasama secara serentak dengan 54 PTKIN se-Indonesia dalam satu hari," ujarnya. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • UIN Ar-Raniry Perluas Jaringan Internasional

Terkini

Iklan