Iklan

terkini

Peringati Hari Jadi ke-XXI Umuslim Gelar Syukuran dan Doa Bersama

Redaksi
Senin, Januari 15, 2024, 22:43 WIB Last Updated 2024-01-15T15:43:28Z
Rektor Dr. Marwan, M.Pd sedang memberikan santunan pada anak yatim dalam rangka peringati Hari Jadi ke-XXI Umuslim. (Foto/Zulkifli)

Bireuen - Dalam rangka memperingati hari jadi XXI Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh, menggelar syukuran dan doa bersama serta menyantuni sejumlah anak yatim, berlangsung di Musalla Kampus Timur, pada Senin, (15/01/2024).

Kegiatan memperingati hari jadi XXI Umuslim dilaksanakan secara sederhana, turut dihadiri Ketua Pembina Yayasan Almuslim Rusyidi Mukhtar, serta sejumlah pengurus organ Yayasan Almuslim.

Selain doa bersama dan santunan anak yatim juga diisi tausiyah agama disampaikan Tgk. Saifuddin Imum Syiek Masjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen.

Rektor Umuslim Dr. Marwan, MPd pada kesempatan tersebut menyampaikan,bahwa dalam memperingati hari jadi Umuslim ke-XXI (15 Januari 2003-15 Januari 2024) yang utama sekali adalah harus bersyukur, dan berdoa kepada Allah SWT.

"Karena saat ini jumlah program studi (prodi) di Umuslim sudah ada 33 prodi, merupakan PTS di Aceh terbanyak prodi, selain itu juga terbanyak mahasiswa, dosen dan juga staf, hal ini bisa di lihat dari dari data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti)," ujar Marwan.

Umuslim, salah satu perguruan tinggi swasta terbanyak mahasiswanya, terbanyak program studi dan juga terbanyak dosen,” ujar Marwan.

Tambah Marwan, awalnya hanya beberapa program studi saja, sekarang sudah ada 33 program studi serta empat program magister. Adapun 33 program studi Fakultas Pertanian enam program studi,  FKIP sembilan program studi, Fakultas Teknik tiga program studi.

Selanjutnya, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik tiga program studi, Fakultas Ekonomi dua program studi, Fakultas Ilmu Komputer dua program studi, Fakultas Kesehatan Masyarakat tiga program studi dan Pendidikan Profesi Guru lima program studi.

Terakhir program magister atau S2 sudah ada empat program studi, yaitu program studi Pengelolaan Sumber Daya Alam dan lingkungan (PSL), Pendidikan ilmu pengetahuan  sosial (IPS), Administrasi Pendidikan dan Program studi pendidikan dasar.

Di usia ke 21 kata Marwan, Umuslim terus berbenah dan juga terus berupaya meningkatkan kualitas lulusan dan juga menambah berbagai sarana dan prasarana pendukung.

Kemudian Marwan juga mengingormasikan. Bahwa tahun ini sebanyak 1200 orang lebih mahasiswa Umuslim memperoleh beasiswa KIP Kuliah.

Di usia ke 21 tentunya kita pantas bersyukur, dan LLdikti Wilayah XIII Aceh juga telah menobatkan Umuslim Peusangan sebagai universitas terbaik Aceh.

"Hal ini tentunya berkat kerja maksimal, kerja keras semua sivitas akademika, serta berkat dukungan dari Yayasan Almuslim, wakil rektor, dekan, ketua prodi, dosen serta staf di Umuslim," ungkapnya.

"Kita tentunya terus berharap, agar Umuslim Peusangan tetap menjadi universitas yang terbaik, karena itu kami unsur pimpinan terus juga berkoloborasi kerjasama dengan berbagai pihak baik dengan legislatif DPRK, DPRA, DPR-RI," ujar Marwan.

"Mohon maaf pak Ketua Pembina Yayasan, saya bukan mau berpolitik, tetapi perlu saya sampaikan bahwa membangun pendidikan juga harus dengan politik, karena swasta itu tidak boleh mengambil uang negara.

"Maka saya berkoloborasi dengan semua pihak, untuk membangun kampus Umuslim, dan beasiswa untuk mahasiswa," jelas Marwan.

Kemudian pada kesempatan tersebut Ketua Pembina Yayasan Almuslim Peusangan, Rusyidi Mukhtar, S.Sos dalam sambutannya mengatakan, kegiatan peringatan hari jadi Umuslim tahun 2024 ini digelar sederhana, mengingat saat ini tahun politik, sehingga banyak hal harus dijaga. 

Tahun depan dapat digelar lebih besar lagi dan lebih banyak yang diundang, harap Rusyidi Muktar atau lebih dikenal sebutan Ceulangiek.

Selain itu Rusyidi Mukhtar mengharapkan kepada Rektor Umuslim supaya dapat menyesuaikan, bagi para mahasiswa kurang mampu agar dapat dibantuan beasiswa. 

"Kalau dulu beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang cerdas, tapi sekarang agar dapat semua diberikan.

"Kami apresiasi kepada Rektor Umuslim Dr.Marwan,MPd yang telah berusaha melobi baik kebutuhan pembangunan, juga beasiswa bagi mahasiswa," ujar Rusyidy Mukhtar.

Ketua panitia peringatan Hari Jadi Umuslim XXI Dr. Drh. Zulfikar, MSi menyampaikan peringatan hari jadi XXI dilaksankan secara sederhana, selain doa bersama, tausiyah agama juga menyantuni 26 anak yatim berasal dari Gampong seputaran kampus seperti gamping Paya Cut, Neuheun, Seuneubok Aceh, Keude Matang Geulumpang Dua dan sejumlah anak yatim dari dosen dan staf Umuslim.

Kegiatan memperingati hari jadi XXI Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, turut dihadiri Ketua Pembina Yayasan Almuslim Rusyidi Mukhtar, serta sejumlah pengurus organ Yayasan Almuslim.

Selain itu, juga turut hadir Camat dan Sekcam Peusangan, dosen, mahasiswa staf dan serta sejumlah perangkat gampong dari desa sekitar kampus. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringati Hari Jadi ke-XXI Umuslim Gelar Syukuran dan Doa Bersama

Terkini

Topik Populer

Iklan