Iklan

terkini

UTU Sambut Peserta International Student Mobility Program KOSASS UPM

Redaksi
Selasa, November 28, 2023, 22:15 WIB Last Updated 2023-11-28T15:15:10Z
Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si. (Foto/Ist)

Aceh Barat  -- Universitas Teuku Umar (UTU) meningkatkan jumlah mahasiswa asing in bound (dari luar negeri ke Indonesia) dengan menjalin kerjasama dengan mitra lembaga pendidikan di luar negeri. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memfasilitasi dan menyambut kunjungan rombongan 22 mahasiswa peserta "KOSASS Tour A Culture 4.0 (KTAC 4.0)" dari Kolej Sultan Alaeddin Sulaeman Shah University Putra Malaysia (KOSASS UPM). 

Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium Teuku Umar, Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU Alue Penyareng, Aceh Barat, pada Senin, (27/11/2023) kemarin.  

Prosesi penyambutan dihadiri langsung Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Dr. T. Alamsyah, S.K.M., M.PH, Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Hamdi Harmen, M.Si, Dekan FPIK Dr. Ismail Sulaiman, S.TP, Maitrise, M.Sc IPU, Dekan Fakultas Pertanian Ir. Rusdi Faizin, M.Si, Ketua LPPM-PMP Ir. Yuliatul Muslimah, MM, serta Wakil Dekan 1 FISIP Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si. 

Turut hadir Ketua Dharma Wanita Persatuan UTU, Ny. Emiwati Ishak, Koordinator Pusat Center for International Affair Refanja Rahmatillah, M.App.Ling, Kabiro AKPK Rinaldi Iswan, ST, M.Sc, serta sejumlah pejabat UTU lainnya. 

Rektor UTU Ishak Hasan, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengatakan, UTU telah merancang sejumlah program kolaborasi bersama antar dua lembaga ini, diantaranya Guest Lecture dan Student Mobility. 

Prof Ishak menambahkan, kegiatan tersebut menjadi momentum penting bagi UTU untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan perguruan tinggi di tingkat internasional, kampus University Putra Malaysia merupakan salah satunya. 

"Ini satu momentum yang baik bagi mahasiswa UTU memanfaatkan kesempatan saling bertukar informasi dan pengalaman bersama mahasiswa UPM," katanya.

Program mobility Student ini, kata Prof. Ishak, tidak hanya memberikan manfaat akademik, tetapi juga pengalaman yang berharga. Mahasiswa akan dapat mengembangkan pemahaman mendalam tentang memperkuat keterampilan bahasa asing dan membangun jaringan kontak internasional yang berharga untuk masa depan karier mereka. 

UTU juga memiliki jaringan mitra yang cukup luas untuk memastikan pengalaman belajar yang terbaik bagi mahasiswa yang terlibat dalam program ini. 

“Semoga kunjungan ini tidak menjadi yang pertama dan mudah-mudahan menjadi permulaan yang baik untuk kerjasama dan kemitraan di masa mendatang,” kata Prof Ishak. 

Pada acara “Welcoming KOSASS UPM” tersebut, mereka diberikan informasi yang diperlukan untuk beradaptasi dalam ritme life in Aceh. Mereka dibekali pemahaman tentang cuaca, hal-hal yang perlu diperhatikan selama tinggal di Aceh, serta informasi lain yang relevan. 

“Kita ingin memastikan bahwa para mahasiswa dari UPM dapat merasa nyaman dan memperoleh pengalaman yang positif selama masa studi mereka di UTU yang akan berlangsung hingga 8 Desember 2023,” ujar Prof. Ishak.  

Sementara En. Ahmad Alfan Hidayat bin Ahmad Khalili perwakilan pegawai KOSASS UPM mengapresiasi sambutan UTU dan mengharapkan peluang-peluang kerjasama ini terus ditingkatkan. 

“Kami berterima kasih atas sambutan UTU dan akan mendukung program-program yang ditawarkan kedepannya seperti program pengabdian masyarakat, student mobility, kolaborasi riset dan lain sebagainya” ungkap En. Ahmad Alfan, yang turut didampingi perwakilan mahasiswa, KSJN Muhammad Ikbal bin Herman selaku Presiden Mahasiswa KOSASS UPM. [Sayed M. Husen]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • UTU Sambut Peserta International Student Mobility Program KOSASS UPM

Terkini

Topik Populer

Iklan