Iklan

terkini

Pendamping SMK-PK dari PNL Jadi Pemateri IHT di SMKN 2 Meulaboh

Redaksi
Sabtu, November 18, 2023, 10:39 WIB Last Updated 2023-11-18T03:39:25Z
Dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) Ir. Azwar Yunus, ST.,M.Sc saat menjadi pemateri IHT di SMKN 2 Meulaboh, dalam rangka pendampingan SMK-PK. (Foto/ Ist)

Aceh Barat - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Meulaboh yang merupakan salah satu sekolah yang sedang melaksanakan Program SMK-Pusat Keunggulan (PK), menggelar In House Training (IHT) terkait Proses Pembelajaran Guru di Sekolah, yang dilaksanakan 13-18 November 2023.

Pelaksanaan IHT di SMKN 2 Meulaboh tersebut menghadirkan dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) Ir. Azwar Yunus, ST.,M.Sc yang hadir ke SMK di kabupaten pantau barat selatan Provinsi Aceh dalam kapasitas pendamping SMK-PK, pada Sabtu, (18/11/2023).

Azwar yang merupakan dosen Jurusan Teknik Mesin (JTM) mengatakan pihaknya sebagai pendamping SMK-PK dari PNL adalah berdasarkan kepercayaan dari kementerian, sehingga tugas itu diberikan. Hal ini dalam rangka membangun kemitraan dengan SMK demi kemajuan pendidikan vokasional.

"Kami dari PNL dipercayakan oleh kementerian untuk menjadi pendamping SMK-PK di beberapa SMK di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara dalam rangka menjalin kemitraan dengan SMK, juga dalam rangka mengembangkan SMK ke arah, khususnya dalam hal pendidikan vokasional," kata lulusan magister Belanda ini di hadapan guru-guru SMKN 2 Meulaboh.

Azwar menambahkan, bahwa tugas Pendamping SMK-PK salah satunya untuk memastikan guru-guru supaya peka terhadap kembang tumbuh siswa, terutama dalam mengembangkan kompetensi siswa, karena tantangan yang berat, di era teknologi yang terus berkembang sekarang ini. Selain itu juga pendampingan dalam hal pembuatan kurikulum supaya sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja.

"Tantangan guru-guru memang berat dalam hal mengembangkan potensi siswa, terutama masalah softskill. Kami juga ingin memastikan terkait kurikulum supaya sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja," kata Azwar.

Pantauan media ini, kegiatan itu diikuti puluhan guru SMKN 2 Meulaboh, para guru terlihat tekun dan antusias mengikuti IHT tersebut. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pendamping SMK-PK dari PNL Jadi Pemateri IHT di SMKN 2 Meulaboh

Terkini

Topik Populer

Iklan