Iklan

terkini

Pabrik Penghasil 20 Turunan Kelapa Sawit di Kunjungi Mahasiswa Politeknik Aceh

Redaksi
Kamis, November 16, 2023, 16:07 WIB Last Updated 2023-11-16T09:07:40Z
Aceh Jaya - CV. Sumber Jaya Utama (Sujut) yang merupakan pabrik kelapa sawit mini yang berlokasi di Panga, Aceh Jaya. kepunyaan asli putra Aceh. Zulkarnain, ST yang memiliki teknologi bisa menghasilkan 20 turunan produk utama dari pengolahan tandan buah segar kelapa sawit dikunjungi oleh mahasiswa Politeknik Aceh pada Kamis, (16/11/2023). 

Kegiatan kunjungan industri Politeknik Aceh kali ini dipimpin langsung oleh Wakil Direktur Kerjasama Politeknik Aceh, Zainal Abidin, S.T., M.Si., yang bertujuan untuk pengenalan proses pengolahan sawit dalam proses pembelajaran mata kuliah proses manufaktur untuk mahasiswa penerima beasiswa sawit tahun 2023.

Sekitar 20 mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini fokus mendengarkan penjelasan dari pimpinan CV. Sujut, Zulkarnain, ST terkait pengolahan tandan buah sawit (TBS) hingga menghasilkan 20 produk utama seperti bahan baku sabun, lipstik dan bahan baku kosmetik lainnya. 
 
Dengan kapasitas produksi per hari 20 ton, turunannya bisa sampai membuat bahan bakar mesin untuk jenis solar tambahnya. 

Perwakilan mahasiswa Program Studi Diploma III Teknik Mekatronika yang juga merupakan salah satu penerima beasiswa sawit tahun 2023, Diva Derian Indana yang juga ikut dalam kegiatan kunjungan industri kali ini mengatakan bahwa kegiatan kunjungan industri kali ini dirinya banyak mendapat manfaat.

"Saya mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan baru tentang proses pengolahan sawit yang bisa menghasilkan beberapa turunan produk sehari-hari, dan tahapan proses manufaktur untuk perancangan pabrik kelapa sawit mini," kata dia.

"Pengalaman di industri dan proses wirausaha di industri pengolahan sawit ini bisa menjadi salah alternatif untuk kami terapkan di daerah masing-masing ketika kami lulus nanti," tutupnya.  [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pabrik Penghasil 20 Turunan Kelapa Sawit di Kunjungi Mahasiswa Politeknik Aceh

Terkini

Topik Populer

Iklan