Iklan

terkini

Fikom Umuslim Yudisium 57 Lulusan

Redaksi
Selasa, November 21, 2023, 16:49 WIB Last Updated 2023-11-21T09:49:18Z
Sebanyak 57 lulusan prodi Informatika Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Univesitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Kabupaten Bireuen di yudisium. (Foto/Ist)

Bireuen - Sebanyak 57 lulusan Prodi Informatika Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Univesitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Kabupaten Bireuen di yudisium, berlangsung di Ruang Creatif Center gedung MA.Jangka kampus Umuslim, Selasa, (21/11/2023)

Prosesi yudisium diawali laporan jumlah lulusan oleh Wakil dekan Bidang Akademik dan kemahasiswaan Fikom Iqbal,S.Kom., M.Cs.

Iqbal mengatakan, lulusan Prodi Informatika Fikom diyudisium sebanyak 57 lulusan terdiri dari 33 laki-laki dan 24 perempuan dengan predikat katagori cumlaude 4 orang, satu laki-laki dan 3 perempuan.

Dekan Fikom Umuslim Riyadhul Fajri,S.ST.,M.Kom dalam sambutannya pada pengukuhan lulusan menyampaikan bahwa bagi Fikom, yudisium bukan sekadar serimoni belaka, tetapi merupakan peristiwa penting menunjukkan berakhirnya tugas layanan dan asuhan secara formal kepada mahasiswa dalam mengembangkan potensi menjadi insan unggul, professional dan Islami.

"Prosesi yudisium menandai batas antara tahapan kehidupan di kampus sebagai mahasiswa dan tahapan kehidupan pengamalan ilmu di dunia kerja dan bermasyarakat dengan status sebagai lulusan," jelasnya. 

Menurutnya acara yudisium sebagai penanda awal tahap kehidupan seorang lulusan dalam merancang dan meniti karier bahtera kehidupan bermasyarakat.

“Saya berharap agar kalian tetap belajar dan meningkatkan kompetensi, apabila ada kemampuan lebih dalam hal ekonomi maka kami persilakan saudara untuk melanjutkan studi pada jenjang strata selanjutnya," harap Riyadhul Fajri.

“Harapan kami kepada lulusan yang telah menjadi alumni untuk menjadi ilmuan intelektual yang juga professional,” lanjut Riyadhul Fajri.

Dekan Fikom ini menambahkan, ke depan tantangan yang akan dihadapi akan semakin berat.

"Ke depan saudara akan memasuki kehidupan yang sangat komplek, penuh persaingan baik dunia kerja mupun bermasyarakat. Kehidupan kompleks itu harus saudara sikapi sebagai kewajaran dan saudara ikuti dengan sikap optimis dengan mengamalkan empat kecerdasan yaitu: kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial, dan kecerdasan emosional," ungkapnya.

"Kami yakin saudara dapat segera mengintegrasikan diri dengan lingkungan, memanfaatkan dan menciptakan kesempatan, dan mampu berkompetisi secara sehat dan sportif," lanjutnya.

Menurutnya, bekal yang sudah diberikan selama perkuliahan jangan disimpan, tapi ahrus dikembangkan dan diaplikasikan dalam masyarakat, supaya ilmu dapat berguna.

"Fakultas kehidupan sesungguhnya adalah tantangan yang harus saudara sikapi dengan penuh kearifan, fakultas kehidupan itulah yang menguji saudara sejauh mana saudara memiliki integritas dan memberi manfaat kepada masyarakat," tuturnya.

Dia juga berpesan kepada lulusan untuk terus belajar, dimana pun, kapan pun dan dari siapa pun, "berkaryalah dengan potensi dan keunggulan, sekecil apapun karya kita, lebih baik daripada hanya sekedar diam tak bergerak dengan potensi kita," harap Riyadhul Fajri.

Terakhir Dekan Fikom Riyadhul Fajri berpesan kepada para lulusan agar selalu menjaga nama baik almamater dan juga berharapa agar jangan pernah bosan memperkenalkan dan mempromosikan Fikom kepada masyarakat dimanapun berada.

Menurutnya Fikom akan besar apabila alumni ikut berperan didalamnya, tanpa ada bantuan alumni, Fikom tidak berarti apa-apa.

"Tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada para dosen yang telah membimbing, mengarahkan dan mendidik mahasiswa, dengan seluruh ilmu pengetahuan, pengalaman, nilai-nilai moral, dan nilai-nilai keislaman sehingga bisa menjadi bekal bagi mahasiswa kita," ucap Dekan Fikom. 

Para lulusan Fikom yang diyudisium ini dilanjutkan agenda berikutnya yaitu wisuda tingkat Universitas Almuslim, yang akan  dilaksanakan pada 16 Desember 2023 mendatang. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Fikom Umuslim Yudisium 57 Lulusan

Terkini

Topik Populer

Iklan