Iklan

terkini

Siswa SMP-IT Azkia Bireuen Kunjungi Laboratorium Sistem Robotika PNL

Redaksi
Kamis, Oktober 26, 2023, 14:52 WIB Last Updated 2023-10-26T07:52:29Z
Siswa SMP-IT Azkia Bireuen saat mengunjungi Laboratorium Sistem Robotika PNL. (Foto/Ist)

Lhokseumawe - Laboratorium Sistem Robitika Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) yang berada di bawah 
Jurusan Teknik Elektro  (JTE) menerima kunjungan siswa SMPIT Azkiya Bireuen pada Kamis, (26/10/2023). 

Sejumlah 50 siswa siswi SMPIT Azkiya Bireuen didampingi empat guru pembimbing melaksanakan kegiatan studi lapangan ke Laboratorium Sistem Robotika PNL untuk melihat fasilitas dan proses belajar serta pembuatan robot.
 
Salahuddin, SST., MT Selaku Pembimbing UKM Robotika mewakili manajemen PNL, didampingi oleh para dosen pembina Robotika PNL menyambut kedatangan para siswa dan guru yang ingin belajar robotik ke PNL.

Salahuddin mengucapkan terimakasih atas kunjungan ini dan mengatakan bahwa kedatangan siswa SMPIT Azkiya Bireuen ke PNL sangat tepat untuk belajar robot, karena di kampus ada kegiatan mahasiswa yang khusus tentang robot yaitu Laboratorium Sistem Robotika. 

Selain itu, Salahuddin juga memaparkan bahwa sejak tahun 2004 Tim Robotika PNL selalu mengikuti kompetisi yang diselenggarakan baik tingkat regional maupun nasional. 

"Tim Robotika PNL  merupakan tim yang dipertimbangkan dalam kompetensi skala regional maupun nasional, serta sering menjuarai berbagai kompetisi, seperti pada tahun 2019 menjadi juara satu KRI Divisi KRAI tingkat regional Sumatera dan masuk delapan besar tingkat nasional," kata Salahuddin.

Selanjutnya Salahuddin, selaku Ketua Pembina Robotika PNL menjelaskan tentang Profil Program Studi Rekayasa Mekatronika sebagai prodi baru yang sedang melakukan penerimaan mahasiswa pertama tahun 2023 ini.

Selanjutnya Ketua Tim Robotika PNL, Bakhtiar, ST.MT dan beberapa mahasiswa Tim Robotika PNL menjelaskan tentang proses pembuatan robot, juga memperkenalkan dasar-dasar robotika, komponen-komponen robot, pemrograman robot serta aplikasi robot dalam membantu meringankan tugas manusia sehari-hari.

Dalam kegiatan ini Tim Robotika PNL juga medemostrasikan atraksi beberapa robot diantaranya Robot Line Follower, Robot Wall Follower, Robot Avoid Obstacle, Robot Hexapod Pemadam Api serta Robot Hexapod berbasis LinkIt. 

Tim juga menunjukkan atraksi robot SAR (Search and Rescue) yang diperlombakan pada Kontes Robot Indonesia tahun 2021 dan 2022 serta persiapan tim untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia tahun 2023.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap bisa sharing ilmu dan membantu siswa, khususnya siswa SMPIT Azkiya Bireuen untuk mengenal teknologi robotika serta dapat mengimplementasikan ilmu ini secara nyata,” ujar Bakhtiar, yang merupakan Pembimbing Tim Robotik PNL 

Pada kesempatan ini Pihak SMPIT Azkiya Bireuen juga mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang tinggi atas sambutan dari pihak PNL. 

Mereka berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan dapat memotivasi siswa SMPIT Azkiya Bireuen agar lebih kreatif dan berprestasi dalam bidang teknologi robotika. [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Siswa SMP-IT Azkia Bireuen Kunjungi Laboratorium Sistem Robotika PNL

Terkini

Topik Populer

Iklan