Iklan

terkini

Dompet Dhuafa Bantu Etnis Rohingya Terdampar di Bireuen Aceh

Redaksi
Kamis, Oktober 26, 2023, 13:06 WIB Last Updated 2023-10-26T06:06:27Z
Dompet Dhuafa bantu etnis Rohingya yang terdampar di Bireuen Aceh. (Foto/Ist)

Bireuen - Sepekan menetap di Bireuen, sebanyak 36 imigran etnis Rohingya sangat bersyukur karena bisa berada di tempat penampungan yang aman. 

Para pengungsi etnis Rohingya tersebut  terdampar di Gampong Matang Pasi, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen, Senin (16/10/2023) sekitar pukul 06.00 WIB. 

Kini mereka ditampung sementara  di SKB Bireuen di bawah pemantauan  UNHCR dan berbagai lembaga dan pihak lainnya.

Faisal Rahman, (45) selaku Protection Associate UNHCR mengatakan untuk penanganan pengungsi di Bireuen pihaknya memberikan perlindungan dan bantuan.

"Kami memberikan perlindungan dan sekedar  bantuan  agar pengungsi menjadi terlindungi dan rasa aman," katanya.

"Terima kasih pemerintah daerah, Forkopimda, masyarakat Bireuen, beberapa lembaga dan  pihak lainnya yang sudah membantu dan melindungi sehingga pengungsi merasa terlindungi," lanjutnya.

Kepada lembaga Dompet Dhuafa pihaknya juga mengucapkan terimakasih.

"Kami juga mengucapkan terimakasih yang telah memberikan bantuan seperti  makanan, minuman hangat dan makanan ringan, serta beberapa kebutuhan ibu dan anak-anak seperti pampers dan lainnya" ujarnya.

Abdullah (27) salah satu imigran etnis Rohingya merasa bahagia dan bersyukur karena telah dibantu. 

"Terima kasih banyak kepada masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Bireuen Aceh  yang telah membantu kami, sudah memberikan bantuan  berupa makanan, tempat tinggal, dan uang saku, sehingga kami merasa aman." ungkapnya dalam bahasa Bengali.

Selanjutnya, Moh. Noor Awaluddin Asjhar selaku Kepala LPM Dompet Dhuafa menjelaskan, bantuan makanan yang diberikan merupakan pelaksanaan dari program Dapur Keliling (Darling). 

"Kita berkoordinasi bersama Dompet Dhuafa cabang Aceh, pemerintah daerah  dan lembaga setempat dalam memberikan bantuan serta layanan terbaik bagi para pengungsi," katanya.

"Alhamdulillah dengan hadirnya kita ternyata bisa meringankan beban mereka, juga memberikan kebahagiaan setelah rasa cemas dan takut yang mereka alami sebelumnya. Semoga bantuan kemanusiaan seperti ini bisa tetap kami lakukan secara konsisten, karena hal seperti ini masih dibutuhkan terkait penanggulangan bencana terhadap para pengungsi," harapnya. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dompet Dhuafa Bantu Etnis Rohingya Terdampar di Bireuen Aceh

Terkini

Topik Populer

Iklan