Iklan

terkini

Tingkatkan Pasokan Air Bersih untuk Santri, Al-Muslimun Lhoksukon Lakukan MOU dengan Perumda Tirta Pasee

Redaksi
Selasa, September 12, 2023, 07:35 WIB Last Updated 2023-09-12T03:25:28Z
Imran, ST dan H. Rayendra Alamsyah sedang menandatangani MOU. (Foto/ Ist)

Aceh Utara - Dayah Terpadu Al-Muslimun Lhoksukon baru saja melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Pase Kabupaten Aceh Utara. 

MOU tersebut dilakukan untuk memperkuat kerja sama strategis dalam pengadaan air bersih bagi santri dayah kebanggaan warga Lhoksukon itu.

Penandatanganan  berlangsung di kantor pusat Perumda Tirta Pasee Jalan Merdeka Timur, Mon Geudong, Banda Sakti, Kota Lhokseumawe pada Senin, pagi (11/09/2023 ) kemarin.

Pimpinan Dayah Terpadu Al-Muslimun, Tgk. Usman, A.Md, ST, M.Eng, Ph.D, kepada media ini, Selasa, (11/09/2023), mengatakan bahwa, selama ini, kebutuhan air bersih bagi santri berasal dari sumber air sumur bor dan endapan air irigasi. 

Namun sayangnya, lanjut Usman, pasokan ini sering kali tidak mencukupi kebutuhan harian air bagi santrinya yang berjumlah hampir dua ribu itu. Juga kerap sekali santri mengeluhkan gatal-gatal. Usman menduga, mungkin saja air sungai sekarang agak tercemar.

“Selama ini kita mengolah air irigasi untuk mandi santri. Ini sering enggak cukup. Mungkin, air irigasi sekarang agak tercemar. Sehingga santri kita sering gatal-gatal,” kata Usman.

Oleh karena itu, kata Usman, untuk mengatasi permasalahan ini, Dayah Terpadu Almuslimun dan Perumda Tirta Pase bersama-sama menjalin kerja sama yang akan memberikan solusi nyata atas permasalahan ini.

“Oleh karena itu, kita sekarang menjalin kerja sama dengan Perumda Tirta Pasee untuk mengatasi permasalahan itu. Baru saja kemarin kita teken MOU,” terang Usman.

Sementara itu, H. Rayendra Alamsyah, pembina Yayasan Pendidikan Islam Dayah Terpadu Almuslimun, mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Perumda Tirta Pase atas penawaran terbaik yang diberikan. Harga yang disepakati oleh kedua belah pihak, Lanjut Rayendra, adalah sebesar Rp 4000 dengan sistem tarif flat.

Rincian kerjasama pembelian dan pendistribusian air bersih kategori khusus ini, Kata Rayendra, tertuang dalam MOU dengan nomor 690/08/MOU-Perumda/2023. 

“Kita berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat nyata bagi Dayah Terpadu Almuslimun dan menjadi contoh sinergi yang sukses antara sektor publik dan lembaga pendidikan,“ kata Rayendra.

Direktur Perumda Tirta Pase, Imran, ST, menyambut baik kerja sama ini dan memberikan dukungan penuh atas pelaksanaan MOU yang telah ditandatangi oleh kedua belah pihak. 

“Ini adalah langkah positif dalam memastikan bahwa perusahaan ini dapat memberikan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat dengan dampak yang nyata,” kata Imran.

“Kerja sama ini adalah langkah maju yang akan meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih yang berkualitas dan meningkatkan kualitas pendidikan di Dayah Terpadu Almuslimun. Kami berharap bahwa kerjasama ini akan menjadi landasan bagi proyek-proyek berkelanjutan yang akan membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Aceh Utara,“ tutup Imran.  [Hamdani]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan Pasokan Air Bersih untuk Santri, Al-Muslimun Lhoksukon Lakukan MOU dengan Perumda Tirta Pasee

Terkini

Topik Populer

Iklan