Iklan

terkini

BLUD-RSUD Aceh Singkil Gelar Survei Akreditasi Rumah Sakit

Redaksi
Selasa, September 12, 2023, 17:31 WIB Last Updated 2023-09-12T10:31:17Z
Kegiatan akreditasi di BLUD-RSUD Aceh Singkil. (Foto/Ist)

Aceh Singkil - BLUD - RSUD Aceh Singkil menggelar survei akreditasi yang kedua kalinya, yang mana pertama kalinya dilakasanakan pada tahun 2018 yang lalu, kegiatan ini berlanggung di aula RSUD Selasa, (12/09/2023).

Kegiatan akreditasi ini seyogyanya dilaksanakan dua tahun sekali, namum karena tahun 2020 yang lalu Indonesia sedang dilanda virus Covid-19 makanya barulah tahun ini dilaksanakan kembali kegiatan akteditasi ini.

Survei akreditasi ini selain dihadiri Direktur RSUD beserta jajaran juga turut dihari oleh Pj. Bupati Aceh Singkil Drs. Azmi, M.A.P, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, Ketua DRPK, Sekretaris Daerah, Asisten Administrasi Umum, beserta unsur kepala SKPK lainnya dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil.

Pelaksanaan penilaian akreditasi BLUD RSUD Aceh Singkil ini dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS) lembaga ini salah satu lembaga yang telah terakreditasi pada Kementerian Kesehatan RI. 

Pimpinan LAM-KPRS memberi kepercayaan kepada Ns. Esti Budi Rahayu, M. Kep, Sp. Kep. Maternitas, sebagai ketua tim, dan didampingi oleh dr. Errol Hamzah, Sp.OG-Konsultan, tim akan melakukan penilaian akreditasi RSUD Aceh Singkil selama tiga hari, dimana satu hari pertama telah dilaksanakan pada Jumat, (08/09/2023), melalui daring untuk melihat kesiapan administrasi, sedangkan pelaksanaan secara luring atau langsung ke lapangan akan dilaksanakan selama dua hari 12 – 13 September 2023.

Akreditasi Rumah Sakit bertujuan untuk menilai mutu pelayanan yang dilakukan oleh rumah sakit. Penilaian itu tentu saja membutuhkan tools, yaitu bagaimana rumah sakit memberikan pelayanan terbaik dan bermutu yang diberikan kepada pasien.

Pj. Bupati Aceh Singkil dalam sambutan dan arahannya menyampaikan agar pihak RSUD dapat memberikan informasi kepada tim akreditasi secara rinci  dan komprehensif.

"Mengingat pentingnya proses akreditasi ini, saya mengintruksikan kepada seluruh manajemen RSUD agar  mencurahkan waktunya secara maksimal dan agar menyampaikan seluruh informasi yang diminta atau dibutuhkan oleh tim survei secara rinci dan komprehensif," ujar Azmi.

"Akreditasi rumah sakit tentunya sangat penting bagi semua, untuk membangun budaya mutu dan keselamatan karena sasaran kegiatan pelayanan rumah sakit adalah jiwa manusia," tambah Azmi.

Menurut Azmi, tingkat akreditasi juga menjadi nilai tambah dan kebanggaan bagi kita juga rumah sakit sendiri, yang artinya ada pengakuan terhadap mutu pelayanan, dapat dinyatakan telah memenuhi standar akreditasi yang disetujui oleh pemerintah sehingga akan menambah kepercayaan masyarakat terhadap profesionalisme, keandalan dan kualitas layanan institusi rumah sakit itu sendiri.

“Maka untuk mendapat pengakuan atas peningkatan mutu pelayanan rumah sakit ini, saya berharap kepada Ibu Direktur beserta tim dan staf RSUD, agar bekerja semaksimal mungkin untuk memenuhi seluruh unsur yang dipersyaratkan, agar rumah sakit kita ini mendapatkan akreditasi tingkat yang sempurna yaitu Tingkat Paripuna,” tutup Azmi.

Sebelumnya Direktur RSUD Aceh Singkil dr. Mardiana Manik, M. KM, dalam sambutannya, berharap kepada seluruh pegawai rumah sakit baik tenaga kesehatan maupun tenaga manajemen agar tidak terfokus pada satu tujuan saja.

“Pada kesempatan ini saya mengajak semua pegawai RSUD baik tenaga kesehatan atau para medis maupun tenaga manajemen agar kita tidak hanya mengejar nilai saja, namun jauh lebih penting mari kita niatkan dalam hati agar bagaimana terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, maka nilai itu akan otomatis mengikuti,” harap Mardiana. [Khairi]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BLUD-RSUD Aceh Singkil Gelar Survei Akreditasi Rumah Sakit

Terkini

Topik Populer

Iklan