Iklan

terkini

Sepuluh Mahasiswa NGU Jepang Tiba di Umuslim

Redaksi
Selasa, Agustus 22, 2023, 10:28 WIB Last Updated 2023-08-22T03:28:51Z
Sepuluh mahasiswa NGU Jepang tiba di Umuslim (Foto/ Zulkifli)

Bireuen - Sebanyak sepuluh mahasiswa dari Nagoya Gakuin Universirty (NGU) Jepang tiba di Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen.

Proses penyambutan mereka dilakukan dalam satu acara berlangsung meriah  di aula Creatif Center gedung MA Jangka Umuslim, Senin, (21/08/2023) kemarin.

Menurut laporan Ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) Umuslim Fauzi, S.IP., MA yang turut diterjemahkan dalam bahasa Jepang oleh Sensei Profesor Natsuki Saeki dosen dari NGU Jepang.

Menurut Fauzi, dari sepuluh mahasiswa NGU Jepang tersebut, sebanyak delapan orang akan berada  di Umuslim selama dua  minggu, kemudian dua orang lagi  akan belajar di Umuslim selama satu semester.

"Mereka nantinya akan berkolaborasi dengan mahasiswa Umuslim mempelajari berbagai hal termasuk bahasa dan kebudayaan Aceh dan Indonesia secara umum," jelas Fauzi.

Kemudian Rektor Umuslim  Dr. Marwan, M Pd pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa dari NGU Jepang, semoga silaturahim antara NGU dengan  Umuslim yang telah terjalin sejak 2016 terus bisa berlanjut di masa akan datang.

"Kehadiran mahasiswa NGU dalam rangka 'summer course' serta melanjutkan program 'student exchange'," ujar Marwan.

"Program pertukaran mahasiswa ini dalam rangka memperkuat program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kerjasama luar negeri, yang dicanangkan  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek Dikti," ungkap Rektor Umuslim.

"Selain itu, saat ini juga ada satu mahasiswa Umuslim sudah dikirim dan  sedang belajar di NGU Jepang selama satu tahun,” ujar Marwan.

Turut menyampaiakan sambutan Ketua Pembina Yayasan Almuslim Rusyidi Mukhtar,S.Sos, mengucapkan terima kasih atas kehadiran mahasiswa NGU Jepang di Umuslim.

Semoga program ini memberi manfaat bagi manfaat bagi Universitas Almuslim dan NGU Jepang.

Selamat datang di kabupaten Bireuen Aceh, semoga bisa mengambil kesan yang baik untuk dibawa pulang ke NGU Jepang, harap Pembina Yayasan Almuslim Peusangan.

"Jadikan pertukaran ini untuk memperkuat pertemanan, silaturahmi dan kolaborasi dalam meningkatkan semangat belajar dan saling berbagi ilmu pengetahuan kedua kampus," ujar Celangiek.

Acara penyambutan turut dihadiri Kapolsek Peusangan, perwakilan Kesbangpol, Imigrasi, serta Wakil Rektor, Ka.Biro, Kabag, Dekan, Kaprodi, dosen dan perwakilan mahasiswa Umuslim.

Adapun mahasiswa NGU Jepang yang datang  ke Umuslim antara lain Adachi Tatsuya, Furukawa Junta, Hosokawa Fuki,Sakuma Kana,Kawachi Keita, Watanabe Kotoe, Miwa Yukina, Morishima Ai, mereka  belajar di umuslim selama dua minggu.

Sedangakan Ikezu Akane, Kitamura Hikari akan belajar di umuslim selama satu semester.
Acara penyambutan dilakukan pemakaian baju almamater Universitas Almuslim kepada dua orang perwakilan mahasiswa Jepang oleh Rektor Umuslim.

Acara  juga di isi penampilan tarian dari Sanggar Seni Mirah Delima binaan Irni Ariyani, S.KM. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sepuluh Mahasiswa NGU Jepang Tiba di Umuslim

Terkini

Iklan