Iklan

terkini

Gampong Mane Tunong-Aceh Utara Raih Juara III Tingkat Regional.I Lomba Desa Nasional

Redaksi
Rabu, Agustus 16, 2023, 22:34 WIB Last Updated 2023-08-16T15:34:17Z
Gampong Mane Tunong-Aceh Utara Raih Juara III Tingkat Regional.I Lomba Desa Nasional (Foto/Ist)

Jakarta - Gampong Mane Tunong, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh akhirnya berhasil meraih Juara.III Tinhkat Regional I dalam Lomba Desa Nasional, Tahun 2023.

Pengumuman para juara dimaksudkan diumumkan oleh Ditjen Bina Pemdes-Kemendagri, pada Selasa, (15/8/2023) kemarin malam di Jakarta.

Acara yang berlangsung cukup meriah itu dirangkai dalam Acara Temu Karya Nasional yang dihadiri dan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri, Prof.Dr.H Muhammad Tito Karnavian, SIp, MSi.

Seusai menyerahkan piala dan penganugerahan penghargaan desa dan lurah berprestasi kepada para juara dimaksud, Menteri Tito dalam pengarahannya meminta agar semua kades dan lurah dapat terus melakukan berbagai inovasi untuk desanya dan untuk masyarakat secara keseluruhan di masing-masing daerahnya.

"Kita sangat mengharapkan agar peran desa harus benar-benar menjadi strategis, dalam membangun negeri ini, yang kita mulai dari desa," kata Tito Karnavian.

"Melalui para kades dan lurah teladan ini, kita mengharapkan dapat menularkan keteladannya kepada para kades dan lurah lainnya, sehingga negeri kita indonesia akan semakin lebih baik kedepannya," ungkap Mantan Kapolri tersebut.

Sebelum Dirjen.
Bina Pemerintahan Desa  Kemendagri RI, Eko Prasetyanto Purnomo Putro melaporkan bahwa kegiatan lomba desa ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Kemendagri setiap tahun.

Pada acara yang turut dihadiri gubernur lokasi juara, bupati dan camat, serta Kadis PMD provinsi dan kabupaten/kota lokasi juara, Dirjen Bina Pemdes juga menyampaikan apresiasi kepada para kades dan Lurah berprertasi tersebut. 

"Saudara-saudara harus berbangga karena di antara sekitar 74 ribu kades atau lurah se Indonesia, hanya saudara-saudara yang terpilih yang berprestasi, yaitu 16 kades dan 15 lurah teladan, atau tiga orang di masing-masing regional," sebut Eko.

Kepala Desa Mane Tunong, Faisal, ST yang didampingi Istrinya yang juga Ketua TP-PKK Desa tersebut Dewi Fitria, STr, Keb, seusai menerima piala penghargaan mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas keberhasilan yang diraih ini. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat kami, sebab keberhasilan ini merupakan keberhasilan masyarakat kami, dan dukungan dari pimpinan kami juga, mulai dari camat, Kadis DPM-PPKB, DPMG Provinsi, bapak bupati dan bapak gubernur," ungkap Geuchik Faisal.

Sementara Pj.Bupati Aceh Utara, Dr. Drs. Mahyuzar, MSi melalui Kadis DPM-PPKB, Fakhruradhi, SH, MH kepada media ini  Kamis, (16/08/2023) menyampaikan apresiasi kepada Gampong Mane Tunong atas kerja keras, dan berbagai inovasi yang dicetuskan oleh Gampong Mane Tunong sehingga meraih prestasi Juara III TiRegional.nhkat.

"Kami berharap agar prestasi serupa juga dapat diraih oleh desa-desa lainnya dari Kabupaten Aceh Utara ke depan nantinya," harapnya.

Sementara Kadis DPMG Provinsi Aceh, Dr. Zulkifli, M.Si melalui Kabid Pemerintahan Mukim dan Gampong, Syahyadi, S.Pi, M,Sc,  yang didampingi Kasi Pembinaan  Kapasitas Pemerintahan Mukim dan Gampong, Jasniwar, S.Sos, mengatakan pihaknya sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh Pemerintah Aceh melalui prestasi Gampong Mane Tunong tersebut.

"Sebab seingat saya dalam sepuluh tahun terakhir, hanya tahun ini Aceh mampu menjadi Juara.III. Tapi kita tetap optimis agar ke depan Aceh harus menjadi juara.I dalam Lomba Desa ini," tandas Syahyadi.

Hadir pada malam penganugerahan Penghargaan Desa/Lurah Berprestasi dari Provinsi Aceh, masing-masing Pj.Bupati Aceh Utara  Mahyuzar. yang diwakili oleh Kadis DPMPPKB Aceh Utara, Fakruradhi Kadis DPMG Provinsi Aceh yang diwakili oleh Kabid Pemerintahan Mukim dan Gampong, Syahyadi, SIp, MSc.

Selanjutnya hadir juga Camat Muara Batu Munawir.S.STP, M.Si, Kabid Kelembagaan DPM-PPKB, Muhammad Irfan, SSTP, dan Ketua Tuha Peut Mane Tunong, Syeh Razali. [Muhammad Hatta]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gampong Mane Tunong-Aceh Utara Raih Juara III Tingkat Regional.I Lomba Desa Nasional

Terkini

Topik Populer

Iklan