Iklan

terkini

Mahasiswa Umuslim ikut KKN/PPL di Thailand

Redaksi
Minggu, Juli 02, 2023, 20:29 WIB Last Updated 2023-07-02T13:30:06Z
Sebanyak enam mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan mengikuti program terpadu  KKN/PPL dan magang di Provinsi Narathiwat Thailand Selatan. (Foto/Zulkifli)

Bireuen - Sebanyak enam mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan mengikuti program terpadu  KKN/PPL dan magang di Provinsi Narathiwat Thailand Selatan.

Keberangkatan dilepas  Rektor Umuslim Dr.Marwan, M.Pd  dalam satu acara di kampus Ampon Chiek Universitas Almuslim, pada Minggu, (01/07/2023) kemarin. 

Menurut laporan ketua bidang divisi pengabdian LPPM Umuslim Drs.Syarkawi,M.Ed, nantinya mereka bergabung dengan 100 mahasiswa lainnya dari 18 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Peserta akan ditempatkan di Provinsi Narathiwat Thailand Selatan selama empat bulan (3 Juli  sampai 1 Oktober 2023).

"Selama kegiatan mereka ditangung akomodasi, konsumsi, uang saku dari sekolah lokasi penempatan," kata Syarkawi.

"Program magang KKN /PPL difasilitasi Organisasi Marally RigHt Has Peace In Life, sebuah organisasi bidang pendidikan swasta bekerjasama pemerintah Thailand Selatan," lanjut Syarkawi.

Menurut Syarkawi, organisasi ini juga bekerjasama dengan sejumlah lembaga pemerintah Thailand seperti imigrasi,  lembaga pendidikan termasuk KBRI (Konsulat RI) di Songkla.

Tujuan dari program KKN/PPL selain mempererat silaturahmi juga untuk memajukan pendidikan khususnya peningkatan perluasan program MBKM.

Peserta hasil seleksi yang dilakukan  Kantor Urusan Internasional (KUI) dan Divisi Pengabdian Masyarakat  LPPM Umuslim.

Jumlah yang diberangkatkan sesuai kuota dari panitia sebanyak  lima mahasiswa dari sejumlah prodi Umuslim, ujar Drs.Syarkawi, M.Ed didampingi Ketua KUI Umuslim Fauzi, S.IP, M.IP

Rektor Umuslim Marwan, saat pelepasan menyampaikan kepada peserta agar dapat menyesuaikan diri dan  menjaga nama baik keluarga, kampus dan negara, karena ini merupakan kegiatan tingkat Internasional.

"Program KKN/PPL dan magang luar negeri merupakan salah satu prioritas Umuslim meningkatkan jejaring kerjasama Internasional," kata Marwan.

"Sebenarnya pernah ada KKM/PPL ke Thailand dan Malaysia dan berjalan beberapa tahap, akibat covid terhenti,  sekarang kita mulai lagi, karena banyak memberi manfaat, baik bagi mahasiswa maupun untuk kampus," papar Marwan.

Melalui  program ini semoga dapat menguatkan dan menambah kompetensi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Umuslim.

"Manfaatkan kesempatan terbaik ini untuk menambah pengetahuan, pengalaman  dan jejaring persahabatan serta mempromosikan Umuslim ke luar negeri," ujar Marwan.

Sebelum  keberangkatan mereka juga sudah dibekali dan  penjelasan program  oleh Wakil Rektor bidang akademik Dr.Halus Satriawan, M.Si, Kepala KUI Fauzi, S.IP,.MA, ketua bidang Divisi pengabdian LPPM Syarkawi, dan koordinator MBKM Umuslim Misnawati, M.Pd.

Keberangkatan mereka menempuh jalan darat dari  Matangglumpang dua menuju  Bandara Kuala Namu,  kemudian terbang ke Kuala Lumpur, seterusnya  jalan darat ke Thailand melalui Klantan Malaysia.

Adapun kelima mahasiswa tersebut Ramadan Ananda Herawan, Prodi Informatika Fakuktas Ilmu Komputer (Fikom), Amelia Rizkiani, prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Qurrata Ayun, prodi PGSD, Aya Sofia Pendidikan Biologi dan Nazariah Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Pelepasan selain dihadiri Rektor,  Wakil rektor I dan III, juga  hadir ka.Biro,  ketua LPPM, Plt Kantor Urusan Internasional (KUI), Divisi Pengabdian LPPM, Dekan, dosen  dan orangtua peserta. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa Umuslim ikut KKN/PPL di Thailand

Terkini

Topik Populer

Iklan