Iklan

terkini

Deteksi Stunting, Dinkes Aceh Singkil Bagikan 197 Alat Antropometri Kit ke Posyandu

Redaksi
Rabu, Juni 28, 2023, 16:53 WIB Last Updated 2023-06-28T09:53:37Z
Penyerahan alat Antropometri Kit secara simbolis oleh Camat Gunung Meriah kepada Keuchik Blok VI Baru. (Foto/Khairi)

Aceh Singkil - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Singkil membagikan sebanyak 197 alat Antropometri Kit kepada posyandu di wilayahnya.

Antropometri Kit merupakan alat yang berfungsi untuk mendeteksi stunting pada anak melalui pengukuran dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak yang valid dan akurat.

"Tujuannya dibagikan alat ini untuk mendapatkan hasil pengukuran dan penimbangan yang benar," kata Fandrik Eraliesa, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Aceh Singkil saat pembagian alat Antropometri Kit di Aula Puskesmas Gunung Meriah, Selasa, (27/06/2023) kemarin.

Adapun alat ukur yang digunakan di posyandu saat ini kata dia, adalah timbangan dacin dan meteran kain.

"Selama ini alat yang digunakan masih alat lama seperti timbangan dacin yang digunakan untuk menimbang sawit, sementara untuk mengukur panjang badan bayi menggunakan meteran kain," ungkapnya.

Fandrik menjelaskan dalam upaya menurunkan angka stunting, diperlukan data yang benar sehingga tepat sasaran dalam memberikan intervensi.

"Alat Antropometri Kit ini sudah mengacu pada standar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia," katanya.

Ia mencontohkan, dimana saat ini presentase angka stunting di Aceh Singkil berdasarkan hasil survey status gizi indonesia (SSGI) naik menjadi 34 persen dari tahun sebelumnya 29,6 persen.

Sementara jika berdasarkan data dari 197 posyandu, presentase angka stunting di Aceh Singkil hanya 16 persen, terpaut 2 persen dari standar nasional 14 persen.

"Nah disini kita mau data yang benar dan valid dengan menggunakan alat Antropometri Kit," imbuhnya.

Dalam menggunakan alat Antropometri Kit, kader posyandu khususnya di Kecamatan Gunung Meriah sudah lebih dulu dilatih pada pekan lalu oleh kelompok kerja (Pokja) posyandu kecamatan. Dan akan menyusul kader posyandu di kecamatan lain.

Fandrik berharap pada bulan Juli mendatang, seluruh kader posyandu yang ada di Kabupaten Aceh Singkil sudah mampu menggunakan alat Antropometri Kit.

Alat Antropometri Kit secara simbolis diberikan kepada 55 posyandu di Kecamatan Gunung Meriah. Penyerahan dilakukan di Aula Puskesmas setempat oleh Camat Gunung Meriah yang diterima oleh keuchik dan kader posyandu.

Sementara disinggung mengenai sumber dana, Fandrik menyebut pembelian alat ini menggunakan sumber anggaran DAK fisik tahun 2023. [Khairi]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Deteksi Stunting, Dinkes Aceh Singkil Bagikan 197 Alat Antropometri Kit ke Posyandu

Terkini

Topik Populer

Iklan