Iklan

terkini

Umuslim Bekerjasama dengan IDI Bireuen Gelar Donor Darah

Redaksi
Jumat, Mei 05, 2023, 12:27 WIB Last Updated 2023-05-05T05:27:17Z
Seorang pendonor sedang mendonorkan darahnya (Foto/ Zulkifli)

Bireuen - Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim (Umuslim)  bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang  Bireuen, melaksanakan donor darah, Bertempat pelataran kampus timur, Kamis, (04/05/2023) kemarin.

Dari aksi sosial tersebut berhasil terkumpul sebanyak 45 kantong darah berbagai golongan dan darah tersebut akan dimanfaatkan  untuk mengatasi kekosongan darah  di Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah (UTD RSUD) dr Fauziah.

Kegiatan yang turut dihadiri ketua IDI Cabang Bireuen, dr. Zumirda,  SpM FISA FINACS didampingi  sejumlah pengurus IDI.

"Tujuannya membantu kekosongan darah di UTD RSUD dr Fauziah Bireuen," jelas dr. Zumirda.

Menurutnya di Kabupaten Bireuen setiap bulan harus menyediakan darah antara 850 sampai 900 kantong darah. 

"Jadi setetes darah kita sangat berharga bagi masyarakat membutuhkan, serta bagi kesehatan kita," ungkap dr. Zumirda.

Kemudian di lokasi donor darah Rektor Umuslim Peusangan Bireuen, Dr  Marwan, M.Pd  memberi apresiasi atas terlaksananya  kerjasama antara IDI Cabang Bireuen dan UTD RSUD dr Fauziah  menggelar donor darah ini.

Menurut Marwan pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepakatan atau Memorandum of Agremen (MoA) antara Fakultas Kesehatan Umuslim dengan IDI Cabang Bireuen. 

Menurut Marwan, kesepakatan MoA yang diteken berkaitan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan dukungan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Kegiatan sosial donor darah ini akan kita jadikan  agenda rutin, selain itu juga mengelar pengabdian bersama dokter di Bireuen melakukan sosialisasi berkaitan tentang stunting ke gampong (desa)," katanya.

"Hal ini tentunya  sebagai langkah  awal membangun Fakultas Kedokteran yang  telah didukung oleh IDI Cabang Bireuen, dan IDI Provinsi Aceh," lanjut  Marwan.

Kepala UTD RSUD dr Fauziah, Wardati, menyampaiakan, stok darah di UTD pada Rabu sore, tersisa 11 kantong darah golongan A, golongan O 6, golongan B 9, dan golongan AB 2 kantong, hari ini (kamis) stok darah sudah kosong.

Wardati mengucapkan terimakasih kepada IDI Cabang Bireuen dan juga Umuslim Peusangan, telah menggelar donor darah membantu memenuhi ketersediaan darah di UTD. [Zulkifli]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Umuslim Bekerjasama dengan IDI Bireuen Gelar Donor Darah

Terkini

Topik Populer

Iklan